Logo Network
Network

Bahaya Mengintai Anda Dengan Keadaan Ban Mobil Yang Kurang Angin, Begini Penjelasannya

Tangguh Yudha
.
Senin, 11 Desember 2023 | 12:03 WIB
Bahaya Mengintai Anda Dengan Keadaan Ban Mobil Yang Kurang Angin, Begini Penjelasannya
Bahaya ban mobil kurang angin (doc Istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Ban menjadi salah satu komponen penting pada mobil mengingat ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ban dengan kondisi kurang baik misalnya seperti kurang angin tentu akan mengundang petaka jika dibiarkan dalam kondisi itu terus menerus.

Banyak pengendara mobil yang kerap menyepelekan kondisi ban yang kurang angin. Padahal kurangnya tekanan angin pada ban bisa menjadi awal dari berbagai masalah, mulai dari kerusakan komponen lain hingga kecelakaan yang bisa berbahaya.

Hal yang paling mudah dirasakan akibat ban kurang angin di antaranya adalah pengendalian yang lebih berat dari biasanya. Mesin juga otomatis akan dipaksa bekerja lebih keras.

Untuk lebih lengkapnya, berikut efek buruk membiarkan ban mobil kurang angin, melansir dari berbagai sumber.

1. Rawan Kecelakaan

Ban yang kurang angin akan sulit dikendalikan. Dalam kecepatan tinggi, tentu dapat memicu kecelakaan. Lambat laun laju kendaraan akan limbung, tak stabil, sehingga sulit untuk dikendalikan. Risiko ini akan lebih besar terjadi di jalan menurun dan menanjak.

2. Boros bensin

Ban yang kurang angin juga bisa membuat mobil menjadi boros bensin. Ini karena mobil akan berat untuk melaju dan mesin harus bekerja lebih keras. Mesin yang bekerja lebih keras, tentu saja akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

3. Ban cepat botak

Ban merupakan komlonen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Jika kondisi tekanan anginnya kurang, maka kompon ban berpotensi habis lebih cepat dari yang seharusnya. Belum lagi jika mobil kerap mengangkut beban berat, maka ban akan lebih cepat botak.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News

Bagikan Artikel Ini