get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Tips Agar WhatsApp Anda Tetap Aman! Hindari Orang yang Tak Penting Buka Handphone Anda

Tips Hindari Mabuk Laut saat Travelling

Selasa, 23 April 2024 | 00:53 WIB
header img
Tips hindari mabuk laut saat travelling ini bisa diterapkan ketika sedang melakukan pejalanan laut. (IFoto iustrasi)

SERANG, iNewsBantenTips hindari mabuk laut saat travelling ini bisa Anda terapkan ketika anda sedang melakukan pejalanan laut. Perjalanan traveling menggunakan moda transportasi laut kadang menyebalkan.

Pasalnya, kita harus beradaptasi dengan goyangan gelombang air laut. Mual, perut seperti dikocok-kocok, pusing, bahkan hingga muntah bisa menganggalkan rencana travelling.

Namun tenang, mabuk laut bisa diredam dengan berbagai cara. Semoga tips ini bisa diterapkan ke kamu yang mabuk saat naik kapal ya.

1. Istirahat Cukup dan Kondisi Tubuh Bugar

Tips untuk hindari mabuk laut saat traveling yang pertama yakni pastikan kondisi badan atau tubuh dalam kondisi bugar. Istirahat dan tidur yang cukup bisa menghindarkan Anda dari mabuk laut.

2. Isi Perut Tapi Jangan Terlalu Kenyang

Makan sebelum melakukan perjalanan menjadi salah satu kunci untuk terhindar dari mabuk laut. Namun ingat, jangan makan terlalu kenyang serta pilih makanan yang tidak berminyak. Jika perut kenyang maka tak akan masuk angin.

3. Siapkan Obat-obatan

Jika Anda pemabuk laut berat, wajib menyediakan obat-obatan. Obat seperti balsem, minyak kayu putih, bisa menghindari masuk angin. Oleskan minyak kayu putih di area perut dan leher agar tak mabuk laut.

4. Jangan Terlalu Membungkuk

Saat berada di kapal, usahakan agar pandangan mata fokus ke garis horisontal. Disarankan, badan jangan terlalu sering membungkuk, atau melihat ke bawah. Hal ini bisa membuat lebih cepat merasa mual. 

5. Duduk di Posisi Tertentu

Cara efektif mencegah mabuk laut adalah duduk di bagian tertentu dari kapal yang ditumpangi. Banyak orang menemukan fakta bahwa duduk di geladak lebih membantu sebab Anda akan mendapatkan udara segar sehingga membantu mengurangi mual.

6. Kurangi Kegiatan di Kapal

Untuk mencegah mabuk laut, sebaiknya Anda mengurangi kegiatan di atas kapal. Misalnya merokok, duduk dekat ruang mesin sehingga tercium bau asap atau solar.

Anda juga harus menjaga jarak dari orang lain yang sedang mengalami gejala mabuk, pasalnya Anda akan terpengaruh dan ikut mabuk ketika orang itu muntah.

7. Minum Obat Anti Mabuk

Obat anti mabuk menjadi senjata pamungkas ketika Anda mengalami mabuk laut. Minum obat ini setengah jam atau satu jam sebelum naik kapal. Obat ini dipercaya membuat mengantuk, sehingga selama perjalanan Anda akan terlelap hingga tiba di tujuan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut