get app
inews
Aa Read Next : Tips Agar CVT Motor Matic Anda Awet! Salah Satunya Bersihkan CVT Minimal 12.000 Km

Pengaturan Uang Ala Perantau, Anak Kost Harus Lakukan Tips Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 15:08 WIB
header img
Pengaturan Uang Ala Perantau, Anak Kost Harus Lakukan Tips Ini (foto ilustrasi)

 

DEPOK, iNewsBanten - Cara mengatur keuangan ala anak kos. Jika kamu seorang pekerja, terlebih mahasiswa, tentunya dituntut mandiri, terutama dalam hal keuangan. 

Pengelolaan keuangan yang baik, akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup di perantauan. Maka, dibutuhkan pengelolaan yang tepat.

Tips Mengatur Keuangan ala Anak Kos

Susun Anggaran Kebutuhan

Melalui strategi penyusunan anggaran kebutuhan yang tepat, kamu bisa mengetahui kebutuhan terpenting yang harus dibeli setiap bulannya serta besaran nominalnya.

Hal itu akan berdampak saat belanja bulanan, kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih dari kebutuhan. Penyusunan anggaran kebutuhan, kamu dapat dapat di sesuaikan dengan kondisi keuangan, lalu membuat rinciannya berdasarkan prioritas pribadi.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat pemasukan dan pengeluaran secara detail akan membantu memantau kondisi keuangan.

Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap uang yang berhasil masuk dan yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan. Diusahakan angka pemasukan lebih besar dari pengeluaran.

Jika hal tersebut sulit dicapai, setidaknya kamu dapat mencoba untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

Kurangi Nongkrong

Nongkrong pada umumnya dilakukan di kafe-kafe atau mall yang jelas dapat meninggikan pengeluaran uang, karena digunakan untuk membeli minum maupun jajanan.

Jika itu bukan suatu hal yang penting, kamu dapat membatasi kegiatan nongkrong agar dana pengeluarannya dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

Kurangi Jajan yang Tidak Penting

Dalam hal ini, usahakan kamu sudah membawa bekal sendiri untuk kebutuhan makan siang, maka nantinya tidak perlu lagi membeli jajan tambahan.

Selalu pastikan bahwa apa yang ingin dana yang ingin di keluarkan dan akan dibelanjakan sudah sesuai dengan susunan anggaran. Usahakan ikutin catatan kebutuhan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.

Rutin Menabung

Tentunya sedari kecil kamu sudah memahami menabung memiliki banyak bagi kehidupan yang akan datang. Tabungan ini bisa digunakan untuk membeli hal yang kamu butuhkan dan dapat menjadi dana darurat jika ada keperluan mendesak.

Kegiatan menabung sudah sangat mudah karena ada rekening bank, namun, jika kamu kesulitan tabungan rekening, kamu bisa memulai kegiatan menabung dengan celengan terlebih dahulu. 

6. Masak Sendiri

Jika kamu masak sendiri, menu, biaya bahan, bahkan porsi yang dibuat akan sesuai dengan keinginan serta selera kamu. Masak sendiri juga dapat memangkas anggaran pengeluaran untuk makan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut