get app
inews
Aa
Read Next : Cerita Pendiri Waroeng Steak and Shake Punya 107 Cabang Berkat Kekuatan Doa dan Sedekah

4 Keistimewaan Sedekah, Bisa Mendamaikan Orang Berselisih

Sabtu, 23 Maret 2024 | 18:02 WIB
header img
Ilustrasi keistimewaan sedekah. (Foto: Unsplash)

Lantas, apa saja keistimewaan sedekah serta manfaatnya? Berikut empat di antaranya, sebagaimana dijelaskan dalam ayat-ayat Alquran dan hadis sahih.

1. Orang bersedekah sangat disukai Allah Ta'ala


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 195:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah. Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS Al Baqarah [2]: 195)

2. Mendamaikan orang berselisih


Dalam hadis riwayat sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu disebutkan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم - كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة " رواه البخاري ومسلم

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah." (HR Bukhari dan Muslim)

3. Dilindungi Allah Ta'ala pada hari kiamat

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut