get app
inews
Aa Read Next : Berikut 5 Waktu yang Tidak Cocok untuk Menikmati Secangkir Kopi! Para Pecinta si Hitam Wajib Tau

9 Olahraga yang Cocok Setelah Bangun Tidur, Semua Mudah Dilakukan di Rumah

Senin, 12 Februari 2024 | 07:32 WIB
header img
Seorang wanita sedang melakukan plank. (Foto: Wikimedia Commons)

Dikutip iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa olahraga yang cocok setelah bangun tidur.

9 Olahraga yang Cocok Setelah Bangun Tidur:

1. Push Up

Push up merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan setiap bangun tidur. Gerakan olahraga ini ternyata tidak hanya berguna untuk melatih kekuatan tangan saja. Push up juga berfungsi untuk melatih area kaki, bokong, dan peru. Saat baru bangun tidur gerakan ini dapat dilakukan secukupnya agar tubuh terasa segar dan siap menjalani hari.

2. Sit Up

Selain push up, sit up juga efektif dilakukan setelah tidur. Olahraga ini berguna untuk mengecilkan dan mengencangkan otot perut tanpa menggunakan alat. Olahraga ini juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih ringan yakni melakukannya setengah badan saja

3. Cat Cow

Cat cow merupakan salah satu pose yoga yang cocok dilakukan setelah tidur. Olahraga ini dilakukan untuk melakukan pemanasan di area punggung. Disebut sangat cocok dilakukan setelah bangun tidur adalah karena gerakan ini dapat dapat mengurangi rasa pegal pada tubuh.

Cara melakukan Cat Cow adalah dengan menopang tubuh menggunakan kedua tangan dan lutut. Kemudian, tarik otot inti ke dalam dan lengkungkan tulang punggung. Pastikan pandanganmu mengarah ke bawah dan kemudian tarik napas serta tekan dada ke bawah. Saat melakukan gerakan ini, pastika tulang belakang kamu mengalami peregangan.

4. Bird Dog

Olahraga yang cocok setelah bangun tidur lainnya adalah Bird Dog. Kamu cukup mengambil posisi seperti push up di atas matras lalu tekuk lutut ke dalam dan tahan posisi tersebut. dalam beberapa waktu.

Setelah itu, angkat dan luruskan tangan kanan ke depan dan kaki kiri mengangkat lurus ke atas. Lakukan gerakan tersebut berulang dan secara bergantian. Fungsi gerakan ini diyakini dapat melatih keseimbangan, menguatkan tubuh bagian tengah, dan melatih kekuatan otot pinggul.

5. Dead Bug

Olahraga yang cocok setelah bangun tidur berikutnya adalah melakukan gerakan dead bug atau serangga mati. Bahkan, gerakan ini diyakini dapat membantu penurunan berat badan.

Cara melakukannya, cukup berbaring di atas matras dengan lengan berada di samping tubuh. Luruskan kedua tangan kemudian angkat kaki dan lutut hingga membentuk 90 derajat. Kemudian, tarik nafas dan hembuskan secara teratur. Lalu, ulurkan kedua lengan ke atas sembari meluruskan salah satu kaki. Setelah kembali ke posisi awal, kamu bisa mengulangi di sisi lainnya.

6. Glute Bridge

Saat melakukan latihan glute bridge, bagian tubuh kaki dan bokong akan bekerja. Glute bridge dilakukan dengan cara berbaring di atas matras dengan kedua kaki tertekuk sejajar dengan pinggul. Kemudian, angkat perlahan bagian pinggul, kencangkan otot bokong, dan tekan kaki ke matras dan tahan selama beberapa waktu. Lakukan gerakan tersebut secara berulang hingga otot punggung dan pinggul terasa lega.

Gerakan ini memiliki beberapa manfaat antara lain seperti mengurangi sakit punggung, membantu peregangan punggung, bahu, dan leher.

7. Scissor Legs

Scissor legs merupakan olahraga yang dapat mengaktifkan otot di area paha bagian dalam, otot lengan, otot perut, otot dada, dan otot pinggul. Karena gerakannya yang mudah, scissor legs menjadi olahraga yang cocok setelah bangun tidur.

Untuk melakukannya, awali dengan cara berbaring di atas matras. Pastikan bahwa posisi tangan lurus di samping badan. Kemudian, angkat kaki ke atas dan pastikan telapak kaki lurus. Lalu, lakukan gerakan menyilang antara kaki kiri dan kanan layaknya gunting. Lakukan gerakan tersebut secara berulang hingga otot-otot telah terasa renggang.

8. Plank

Jika gerakan ini dilakukan dengan benar, pank dapat menjadi latihan olahraga yang bisa mengaktifkan seluruh otot tubuh. Plank dapat dilakukan dengan cara memposisikan perut menghadap ke lantai. Setelah itu, arahkan kaki lurus ke belakang tubuh. Kemudian, posisikan lengan hingga membentuk sudut 90 derajat. Atur pernapasan agar tetap stabil dan tahan posisi hingga 30 detik.

9. Skipping

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu latihan termudah dan sangat efektif untuk membakar kalori. Olahraga ini juga cocok dilakukan setelah tidur.

Skipping merupakan latihan yang baik untuk jantung. Gerakan ini juga sangat membantu dalam penurunan berat badan.

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut