get app
inews
Aa Read Next : Banyak Minum Air Putih dan Kelola Stress ternyata Bisa Hindari Asam Urat Tinggi

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Minggu, 11 Februari 2024 | 12:02 WIB
header img
Manfaat Minum Air Kelapa Muda Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi (IST)

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan banyak minuman olahraga lain, minuman soda, dan beberapa jus buah. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol. Tidak salah jika beberapa atlet lebih memilih untuk minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga saat latihan. Ternyata memang kandungannya lebih baik daripada minuman olahraga.

Selain itu, dilansir dari bodyandsoul, Rabu (14/9/2022), penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dan yang terpenting, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik serta menekan jumlah kolesterol jahat.

Bagi pencernaan pun air kelapa juga sangat dibutuhkan. Terutama saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut