get app
inews
Aa
Read Next : Disaat Harga Sembako Meroket! Polsek Anyar Adakan Bazar Murah Tuk Bantu Masyarakat

Anda Sering Minum Air Dingin, Mitos Atau Fakta Bikin Jadi Gendut? Simak Penjelasan Menurut Sains

Selasa, 11 Juli 2023 | 09:25 WIB
header img
Mitos atau Fakta, Minum air dingin jadi gendut (ist)

SERANG, iNewsBanten - Air dingin menjadi salah satu favorit siapapun, karena sensasi dingin dan dianggap lebih menyegarkan, dibandingkan air biasa. Di tengah masyarakat beredar rumor kalau air dingin bisa menyebabkan seseorang gendut, mitos atau fakta?

Menurut ahli gizi dr Cindiawaty air es sesungguhnya tidak berkaitan dengan kegemukan atau gendut. Air minum atau air es (dingin) itu tidak terdapat kalori, apabila diminum tidak menyebabkan gendut.

Tidak buat gendut, jika tidak ditambahkan gula ataupun sirup. "nah ini yang sering (air dingin) bikin gemuk, atau nggak. sebenarnya air dingin nggak buat gemuk kalau nggak ditambahin gula atau sirup. jadi air saja tidak ada kalorinya kok jadi itu mitos," ujar dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik di Jakarta, Kamis (29/9/2022)

Melansir dari Verywell bahwa satu cangkir mengandung 8 ons cairan atau 237g air menyediakan 0 kalori, 0g protein, 0g karbohidrat, dan 0g lemak. Air adalah sumber hidrasi yang sangat baik, mungkin mengandung banyak mineral termasuk kalsium, fluorida, besi, kalium, atau natrium.

Sehingga perlu dipahami, dalam seharinya seseorang membutuhkan cairan yaitu air minum. Menurut Divisi Kesehatan dan Kedokteran National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan agar wanita dewasa mengonsumsi sekitar 91 ons air setiap hari (2,7 liter atau 11,5 gelas).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut