get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Tips Ampuh untuk Melawan Asam Urat saat Kambuh! Bisa Digunakan di Rumah

Banyak Minum Air Putih dan Kelola Stress ternyata Bisa Hindari Asam Urat Tinggi

Kamis, 02 Mei 2024 | 23:04 WIB
header img
Ilustrasi minum air putih untuk kesehatan (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten -  Asam urat saat kumat bikin tubuh terasa tak nyaman. Bahkan saat kumat, rasanya nyeri sendi tangan dan kaki sekali. Oleh karena itu asam urat tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Asam urat menimbulkan rasa sakit. Biasanya pada jari kaki, pergelangan tangan kaki, dan lutut jadi terasa nyeri.

Menjaga pola makan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko asam urat, mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi dapat mengurangi risiko terkena asam urat.

Lalu apa saja obat rumahan asam urat? Dilansir dari Medicalnewstoday.com, berikut ini obat asam urat rumahan,

1. Mengompres Sendi Menggunakan Es

Menerapkan kompres es yang tertutup kain ke sendi dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat asam urat.

Anda bisa mencoba menempelkan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20–30 menit untuk membantu meredakan nyeri.

2. Mengurangi stres

Stres yang meningkat dapat mengurangi gejala asam urat. Meskipun tidak dapat menghindari semua penyebab stres, namun Anda bisa mencoba tips berikut untuk mengurangi tingkat stres, seperti olahraga ringan, melakukan liburan dan refreshing.

3. Banyak Minum Air Putih

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan lebih banyak meminum air putih.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal untuk mengeluarkan cairan lebih banyak, sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Meskipun air putih adalah salah satu solusi terbaik. Penderita asam urat harus menghindari alkohol dan soda, yang mengandung purin tinggi.

4. Mengangkat Sendi yang Sakit

Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan tangan kaki. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena.

5. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Meskipun obat antiradang yang dijual bebas (OTC), seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve), mungkin bukan "alami", namun obat ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengobati rasa sakit dan pembengkakan akibat asam urat. Mengonsumsi obat pereda nyeri dengan dosis yang dianjurkan dan dibarengi dengan konsultasi ke dokter.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut