get app
inews
Aa Read Next : Sakit Demam Mengganggu? Berikut 4 Tips untuk Menurunkan secara Cepat

Saat ini Banyak Anak Muda yang Kena Asam Urat! Salah Satunya Kebanyakan Makan Manis dan Daging

Minggu, 28 April 2024 | 09:29 WIB
header img
Ilustrasi asam urat (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten -  Kini semakin banyak anak muda kena asam urat. Sebabnya makin banyak anak muda yang konsumsinya kelebihan protein, apalagi yang hobi makan seafood.

Asam urat adalah senyawa yang mengandung purin. Ada banyak makanan yang mengandung purin dengan kadar tinggi, seperti kacang kering, sarden, seafood, juga penuaan-daging tertentu.

Purin juga terbentuk kemudian pecah di dalam tubuh. Tubuh biasanya menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan, atau bila tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Asam urat dapat terkumpul di tubuh karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah pola makan, genetika, obesitas atau kelebihan berat badan, dan stres. Nah, berikut cara mencegah terkena asam urat dilansir dari Healthline.

1. Hindari makanan manis

Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. Gula yang ditambahkan ke makanan antara lain gula meja, sirup jagung, dan sirup jagung fruktosa tinggi adalah jenis gula utama sederhana dalam makanan olahan.

Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula khususnya dapat menyebabkan asam urat tingkat tinggi. Periksa label makanan untuk gula tambahan. Mengonsumsi lebih banyak makanan utuh dan lebih sedikit makanan kemasan juga dapat membantu mengurangi gula sekaligus memungkinkan Anda mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

2. Batasi konsumsi daging

Anda bisa membatasi sumber asam urat dalam makanan. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan seperti daging organ, babi, ikan, kerang, daging domba, daging sapi muda, kembang kol, kacang hijau, kacang kering, dan jamur.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut