get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Sakit Pinggang! Berikut 10 Cara Mengobati Tulang Ekor yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sering Mengisi BBM Selalu Full? Berikut 3 Fakta Bahaya Saat Pengisian BBM Full di Tanki Kendaraan

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 07:40 WIB
header img
Pengisian BBM di SPBU (Foto: Ilustrasi/Dok Pertamina)

SERANG, iNewsBanten - Meski hampir setiap hari mengisi bbm, ternyata banyak orang yang masih belum mengerti pentingnya memberikan ruang kosong pada tangki bensin.

Pernahkah Anda memperhatikan ketika mengisi bahan bakar full tank, terdengar bunyi “flop” ketika nozzle berada di dalam tangki. Ketika muncul bunyi tersebut, Anda seharusnya segera meminta pengisian dihentikan.

Bunyi tersebut merupakan indikator dari selang SPBU untuk menunjukkan bahwa tangki Anda sudah penuh dan tidak perlu ditambah lagi. Meneruskan pengisian, bahkan hingga membuat bensin luber dan terbuang percuma dapat merugikan Anda. Berikut kerugian mengisi bensin hingga luber atau full tank.

1. Terhisap lagi

Terlalu penuh mengisi dapat membuat bensin kembali tersedot ke tangki SPBU. Artinya, Anda mengeluarkan uang percuma karena pengisian bahan bakar dilengkapi penghisap uap. Selang bensin akan mendeteksi tangki yang sudah penuh sehingga menyedot kembali bensin yang luber dari lubang tangki. Nah, bensin yang tumpah dan tersedot tadi tetap harus Anda bayar.

2. Pembakaran tidak maksimal

Jika ingin mendapatkan pembakaran yang maksimal, dibutuhkan ruang agar terdapat mengembang. Fungsi lubang dalam tangki adalah mengurangi tekanan yang dihasilkan sehingga bensin berada di dalam tangki. Ketika tidak ada lubang ruang pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang akan keluar dari tangki lewat selang. Hal ini membuat bensin yang penuh tadi terbuang.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut