get app
inews
Aa Read Next : Tips Agar CVT Motor Matic Anda Awet! Salah Satunya Bersihkan CVT Minimal 12.000 Km

Motor Anda Harus Melewati Banjir, Begini Tips Agar Motor Tidak Mati Saat Menerjang Banjir

Minggu, 26 Februari 2023 | 14:05 WIB
header img
Pengendara motor yang melintasi genangan banjir (ist)

SERANG, iNewsBanten-  – Saat musim hujan tiba, ada persiapan yang harus Anda lakukan sebelum berkendara. Selain memeriksa komponen kendaraan, Anda juga harus tahu cara berkendara yang aman di musim hujan, terutama saat melewati genangan air.

Di musim hujan, tidak jarang Anda harus melalui wilayah-wilayah yang rawan banjir. Oleh karena itu pengetahuan berkendara di wilayah yang sering banjir untuk mengantisipasi agar kendaraan tidak mogok saat melalui jalanan yang tergenang air. Berikut tips berkendara di jalan yang banjir.

1. Perhatikan busi

Busi adalah komponen penting yang harus dilindungi saat melintasi wilayah yang banjir. Busi berhubungan dengan pembakaran kendaraan sehingga perlu dilindungi agar aman saat melindungi banjir.

Sebelum berkendara di musim hujan, cobalah luangkan waktu melapisi busi dengan gemuk atau grease untuk menutup sambungan busi dan mesin. Cara ini efektif menghindari air masuk ke area pengapian.

2. Perhatikan aliran udara dan kelistrikan

Jangan lupa untuk menutup aliran udara dan kelistrikan menggunakan plastik dan karet agar air tidak masuk ke dalam celah mesin. Komponen yang perlu diperhatikan adalah karburator, tutup oli, filter udara dan cangklongan busi.

3. Perhatikan rem

Rem adalah salah satu komponen yang dapat bermasalah saat melintasi banjir. Hal yang perlu Anda lakukan saat melintasi banjir adalah dengan memastikan rem bekerja dengan baik.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut