get app
inews
Aa Read Next : Sering Mencampur Bahan Bakar di Kendaraan Anda? Simak 6 Tips Berikut ini Agar Mobil Anda Lebih Awet

Belum Tau Kode Oli Kendaraan Anda? Simak di Artikel ini Membahas Tentang Kode SAE,JASO dan API

Kamis, 23 Februari 2023 | 19:26 WIB
header img
Kode dalam Oli kendaraan (ist)

Huruf kedua pada kode API SN untuk kendaraan berbahan bakar bensin untuk kendaraan yang lebih baru. Kualitas kode tersebut berarti oli tersebut kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan kode API SG. Semakin bagus kualitas oli, maka kode alfabetnya semakin jauh atau mendekati huruf Z.

 

Meski begitu, kendaraan lama tidak direkomendasikan untuk alfabet yang mendekati Z, karena mesin mobilnya dirancang untuk menerima kekentalan tertentu atau sesuai masanya.

3. Kode Oli JASO

Japanese Automotive Standart Association (JASO) merupakan lembaga asal Jepang yang mengecek standar kualitas oli. Kode oli ini khusus untuk motor.

Kode JASO biasanya diikuti dengan MA atau MB. Keduanya diperuntukkan pada pemakaian yang berbeda. JASO MA untuk motor motor kopling basah seperti bebek dan sport. Pelumas ini digunakan untuk membeikan gesekan agar kopling tidak selip saat mesin motor bekerja.

JASO MB digunakan khusus motor metik atau kopling kering di mana koplingnya tidak terendam oli. Daya gesekan yang dimiliki oli ini lebih rendah dibandingkan JASO MA.

Artikel ini telah tayang  dengan judul https://otomotif.okezone.com/read/2022/10/23/87/2692823/berikut-perbedaan-kode-sae-jaso-dan-api-pada-pelumas-jangan-sampai-salah

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut