get app
inews
Aa Read Next : 6 Hobi yang Sering Menghasilkan Uang, Apa Sajakah Itu?

Penasaran Dengan Gravitasi? Simak Penjelasannya Secara Ilmiah Dalam Artikel Ini

Sabtu, 04 Maret 2023 | 17:08 WIB
header img
Gaya gravitasi bumi (ist)

SERANG, iNewsBanten - Gravitasi bisa diartikan sebagai gaya tarik universal yang bekerja di antara semua materi. Gaya gravitasi di Bumi yang membuat benda-benda jadi bisa tetap pada posisinya dan juga membuat semua benda akan jatuh dari atas ke bawah.

Salah seorang ilmuwan asal Inggris yang bernama Isaac Newton menyatakan bahwa setiap benda di Bumi akan jatuh ke bawah karena adanya gaya gravitasi.

Ternyata, ada fakta menarik bahwa sebetulnya gagasan mengenai gravitasi tidak hanya dari Isaac Newton, tetapi ada beberapa dari ilmuwan lainnya.

1. Aristoteles (384-322)

Gagasan mengenai gaya tarik Bumi sebetulnya sudah muncul sejak era Yunani Kuno. Seorang filsuf asal Yunani ini menyatakan bahwa benda jatuh disebabkan oleh sesuatu.

Namun, saat itu Aristoteles hanya menguraikan bahwa benda yang jatuh ke bawah bisa disebabkan oleh keterikatan suatu elemen tertentu.

Ia juga tidak menjelaskan secara lebih jauh mengenai gravitasi sebagai penyebab objek yang jatuh ke bawah.

Aristoteles juga mengungkapkan bahwa elemen-elemen yang ada (tanah, udara, api, dan air) di alam akan kembali dan bergerak sesuai dengan hukumnya masing-masing.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut