get app
inews
Aa Read Next : Viral Pemain Uzbekistan Hirup Benda Misterius saat Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Mendekati Pergantian Tahun BMKG Prediksikan Hujan di 34 Kota Wilayah Indonesia

Jum'at, 18 November 2022 | 08:39 WIB
header img
Mendekati Pergantian Tahun BMKG Prediksikan Hujan di 34 Kota Wilayah Indonesia (foto Ilustrasi, -)

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluens tersebut," katanya.

Maharani mengungkapkan, kondisi ini membuat cuaca di 34 kota besar di wilayah Indonesia diprakirakan hujan. Untuk Sumatera, berpotensi hujan ringan di Bandar Lampung, hujan sedang di wilayah Palembang dan adanya potensi hujan disertai petir terdapat di wilayah Pangkalpinang.

Sementara Bengkulu diprediksi berawan dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat di wilayah Padang dan adanya potensi hujan disertai petir terdapat di wilayah Jambi.

"Untuk wilayah Tanjungpinang esok hari diprediksi adanya hujan ringan, adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Medan, hujan disertai petir di Pekanbaru dan Aceh," katanya.

Untuk Jawa, Maharani menjelaskan diprediksi hujan ringan di Serang dan DKI Jakarta, adanya potensi hujan sedang di Bandung, dan untuk wilayah Surabaya dan Semarang hujan ringan. Kemudian hujan disertai petir di DI Yogyakarta. Untuk Bali hingga Nusa Tenggara, diprediksi hujan ringan berada di Kupang, hujan sedang Denpasar dan perlu diwaspadai hujan disertai petir di wilayah Mataram.

Di Kalimantan, sambung Maharani, diprediksi hujan ringan di Palangkaraya, Pontianak dan juga Banjarmasin dan adanya potensi hujan disertai petir di Tanjung Selor dan Samarinda. 

Kemudian untuk wilayah Sulawesi diprediksi hujan ringan terdapat di wilayah Gorontalo, Palu, Makassar, Kendari dan Manado serta potensi hujan lebat di Mamuju.

"Untuk Indonesia bagian timur diprediksi hujan ringan di wilayah Jayapura dan Manokwari, hujan sedang di Ambon dan Ternate," Tutupnya. 

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://www.inews.id/channel/Nasional/bmkg-prediksi-hujan-merata-di-34-kota-besar-indonesia-dampak-bibit-siklon-tropis-94s

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut