get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Sholat Tahajud Dilakukan Berjamaah?

Prabu Siliwangi Ternyata Nikah Beda Agama! Begini Sejarahnya

Senin, 21 November 2022 | 06:51 WIB
header img
Prabu Siliwangi Ternyata Nikah Beda Agama! Begini Sejarahnya (foto Istimewa, -)

JAKARTA, iNewsBanten - Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi, konon ceritanya beliau melakukan pernikahan beda agama. Dia menikahi perempuan beragama Islam untuk menunjukkan Kerajaan Pajajaran yang terbuka dengan kedatangan agama baru.

Agama Islam mulai masuk ke Jawa Barat seiring berkembangnya kerajaan Islam seperti Demak, Cirebon dan Banten. Dikutip dari buku "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran", beberapa masyarakat Sunda mulai mengenal agama baru itu melalui jalur perdagangan, pernikahan hingga politik.

Carita Parahiyangan melukiskan bagaimana sebuah ajaran baru masuk ke tanah Sunda. Pada naskah kuno ini disebutkan "ajaran dari leluhur dijunjung tinggi sehingga tidak akan kedatangan musuh, baik berupa laskar maupun penyakit batin. Senang sejahtera di utara, barat, dan timur. Yang tidak merasa sejahtera hanyalah rumah tangga orang yang banyak serakah akan ajaran agama".

Ungkapan ini sebenarnya bermaksud siapa saja yang memilih meninggalkan Hindu Buddha, kemudian masuk Islam, akan mendapatkan risiko yang ditanggungnya. Salah satunya yang dialami putra Bunisora, bersama Bratalegawa, yang telah masuk Islam karena menikah dengan seorang muslim yang berasal dari Gujarat. 

Saat Bratalegawa mengunjungi Ratu Banawati, adik bungsunya yang menikah dengan seorang bangsawan dari Galuh, ia mengajak adik bungsunya masuk Islam. Namun ajakan itu ditolak, yang menyebabkan Bratalegawa memilih pergi ke Cirebon untuk menemui kakeknya dan mengajak masuk Islam. Tetapi lagi-lagi penolakan ia dapatkan. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut