get app
inews
Aa Read Next : Pertahankan Indonesia dari Ancaman Penjajah, Begini Sejarah Surabaya Disebut Kota Pahlawan

Kabar Gembira, Seluruh Mahasiswa Indonesia akan Dikumpulkan di Asrama Mahasiswa Nusantara

Minggu, 27 November 2022 | 18:11 WIB
header img
Asrama Mahasiswa Nusantara, Foto Dok iNews.id

SERANG, iNewsBanten - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang sudah di bangun di Surabaya rencananya akan ditempati oleh seluruh mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia. Gedung di atas lahan 9.975 m2 ini dibiayai dengan skema dari APBN.

Pengerjaan pembangunan AMN mengupayakan prinsip ramah lingkungan dengan menggunakan filosofi Bangunan Gedung Hijau. Sedangkan untuk konsepnya sendiri, mengadopsi konsep arsitektur tropis. Selain kamar bagi mahasiswa juga tersedia kamar bagi mahasiswa penyandang disabilitas serta kamar untuk para mentor.

Pembangunan AMN ini merupakan upaya Badan Intelijen Negara (BIN) dalam rangka mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama; yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta bersifat multi perguruan tinggi.

Presiden RI telah menugaskan BIN untuk menjadi katalisator pembangunan AMN dan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sebagai dasar pembangunan tersebut.

Pembangunan AMN bermula dari aspirasi berbagai tokoh masyarakat Papua yang pernah menyampaikan keinginannya agar ada suatu wadah atau media yang dapat mempersatukan suku bangsa di Tanah Air ini.

Untuk itu, Badan Intelijen Negara (BIN) merangkul sejumah kementerian dan instansi untuk mambangun Asrama Mahasiswa Nusantara sebagai wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta bersifat multi perguruan tinggi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut