get app
inews
Aa Read Next : Supir Truk Mengantuk Tabrak Bahu Jalan Menuju Pelabuhan Pelindo Cilegon

Kendaraan Truk Berkekuatan Besar Ditenagai Listrik 4,5 Ton Bahkan Terkuat di Dunia

Minggu, 18 Desember 2022 | 11:53 WIB
header img
Ini truk terbesar di dunia yang menggendong mesin listrik dump truck Komatsu 605-7 HD, eDumper. (Foto: eMining AG)

JAKARTA, iNewsBanten - Kendaraan listrik di dunia terus berkembang. Penerapan teknologi tanpa emisi ini tidak hanya pada mobil penumpang, tapi juga kendaraan komersial seperti truk.

Menariknya ada truk terbesar di dunia yang menggendong mesin listrik. Dia adalah dump truck Komatsu 605-7 HD, eDumper. Ini merupakan truk hasil konversi dari mesin diesel diganti menggunakan motor listrik dan baterai raksasa.

Dump truck merupakan kerja sama antara perusahaan Swiss E-Mining, Empa, University of Bern dan NTB Interstaatlicke Hochschule fur Technik Buchs. Proses pembuatan kendaraan listrik terbesar dan terkuat di dunia ini memakan waktu sekitar 18 bulan, dan telah diluncurkan pada 2018. Truk ini melakukan perjalanan perdananya di tambang Vigier Ciment di Swiss Canton of Berne.

Menurut EMPA, eDumper menggunakan baterai terbesar yang pernah diproduksi untuk kendaraan listrik. Berat baterai tersebut sekitar 4,5 ton, yang membuatnya seberat dua mobil penumpang lengkap.

Dikutip dari laman Odditycentral, truk tersebut memiliki berat 58 ton saat kosong, dan bisa membawa muatan sebanyak 65 ton. Sebetulnya, bobot yang luar biasa itu memungkinkan eDumper menghasilkan tenaganya sendiri.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut