get app
inews
Aa Read Next : Sumpah Leluhur! Orang Batak Dilarang Menikah dengan Satu Marga, Kenapa?

Ternyata Nama Provinsi Lampung Berasal dari Orang Batak, Ini Sejarahnya

Senin, 17 Juli 2023 | 03:43 WIB
header img
Ternyata Nama Provinsi Lampung Berasal dari Orang Batak, Ini Sejarahnya (foto Istimewa )

Saat belayar di tengah laut, kapal atau perahu yang ditumpangi tiselam (tenggelam) dan tiapung (terapung) karena adanya ombak besar. Dari sinilah, nama Lampung muncul. Diduga, nama itu berasal dari Tiselam dan Tiapung.

3. Lampung dari bahasa Batak Lappung

Nama Lampung berasal dari bahasa Batak Lappung yang berarti besar atau luas. Kisah ini berawal ketika Gunung Merapi di Pulau Andalas utara, (sekarang menjadi Danau Toba) meletus.

Saat bencana terjadi, ada orang bernama Ompung Silamponga yang menyelamatkan diri. Dia kabur menggunakan rakit dan terdampar di daratan.

Lantaran penasaran, Ompung pun mencoba memantau situasi dan melihat daerah sekitar. Di sana dia menemukan sungai dengan air jernih. Akhirnya dia memutuskan untuk tinggal di daratan itu.

Dia kemudian mulai menjelajah lagi pulau itu. Dia kemudian masuk ke dalam hutan ternyata setelah memasuki hutan dia melihat gunung. Dia lalu mulai mendaki gunung yang sekarang bernama Gunung Pesagi,

Setelah beberapa lama mendaki, dia akhirnya sampai ke puncak. Dia merasa takjub dengan apa yang dilihat. Matanya melihat ia pemandangan daratan yang begitu luas dan indah.

Tanpa sadar dia berteriak Lappung, Lappung, yang dalam Bahasa Batak berarti luas. Kemudian wilayah itu bernama Lampung yang diambil dari kata Lappung.

Itulah asal-usul nama Lampung. Sudah tahu kan dari mana nama asalnya.

Artikel ini pernah tayang di iNews id

https://Lampung.inews.id/berita/kamu-wajib-tahu-ternyata-ini-asal-usul-nama-lampung

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut