SERANG, iNewsBanten - Bingung saat akan digunakan mobil mengalami tak mau hidup saat disatarter.
Saat mesin mati pasti banyak yang berpikiri hal itu disebabkan oleh aki yang mulai rusak.
Namun ternyata ada hal lain yang bisa menyebabkan mobil sulit dihidupkan yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan
Aki yang sudah usang memang menjadi penyebab umum mesin mobil tak bisa dihidupkan karena penurunan kualitas seiring pemakaian.
Terlebih, mobil jarang dipakai atau dipanaskan sehingga aki menjadi tekor.
Apabila aki tidak bermasalah saat mobil tak dihidupkan, maka pemilik mobil perlu memeriksa komponen lain.
Berikut 4 penyebab mobil tidak bisa dihidupkan seperti dibagikan oleh Auto2000:
1. Busi Kotor
Busi merupakan komponen terpenting dalam ruang pembakaran karena memiliki fungsi sebagai penghantar listrik ketika sistem pengapian. Arus listrik yang terima busi akan menyebabkan percikan api di ujung busi dan terjadi pembakaran.
Debu dan kotoran depat menghambat percikan api ketika proses starter dilakukan. Untuk itu, pemilik mobil harus memeriksa busi dan membersihkannya dengan amplas atau cairan penetran khusus. Apabila mobil masih sulit dinyalakan saat di starter, maka pemilik mobil harus mengganti busi dengan yang baru.
2. Aliran Bahan Bakar Tersumbat
Mobil konvensional membutuhkan aliran bahan bakar yang cukup untuk proses awal dalam menyalakan mesin. Jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan semourna, maka mesin tak dapat dinyalakan.
Untuk mengatasi ini, pemilik mobil disarankan untuk memanggil layanan home service demi mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, tindakan yang perlu dilakukan adalah pebersihan tangki bahan bakar, pompa bensin, filter, dan katup atau klep.
3. Dinamo Starter/Ampere Rusak
Dinamo ampere atau kerap disebut alternator adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo starter rusak atau bermasalah, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.
Namun, perlu diketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang mudah rusak. Komponen akan menurun performanya bila usia atau masa pakainya sudah lebih dari delapan delapan tahun.
4. Bagian Koil Terlalu Panas
Selain dinamo ampere dan busi, komponen lain yang berperan dalam proses starter mobil adalah koil. Bagian koil berfungsi berfungsi menggandakan tegangan listrik dan kutub positif dalam jumlah besar ke aki.Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itu sebabnya koil terlalu panas, maka bisa jadi penyebab mobil sulit dinyalakan saat distarter.
Cara menangani masalah koil yang jadi penyebab mobil sulit dinyalakan adalah dengan pengecekan dan penggantian apabila kinerjanya mulai melemah. Umumnya, penyebab mobil benar-benar tidak bisa hidup atau sulit distarter adalah adanya komponen bagian dalam yang kotor, tersumbat, atau sudah usang. Untuk itu, penting bagi pemilik mobil dalam melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi.
Artikel ini telah tayang dengan judul https://otomotif.okezone.com/read/2023/02/15/52/2765656/mobil-tak-mau-hidup-saat-distarter-periksa-4-komponen-penting-ini
Editor : Mahesa Apriandi