get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Berapa Lama Puasa Syaban? Berikut Jadwal dan Ketentuannya

Rabu, 22 Februari 2023 | 13:45 WIB
header img
Berapa Lama Puasa Syaban? Berikut Jadwal dan Ketentuannya. Ilustrasi. (Foto list)

SERANG, iNewsBanten - Bulan Syaban adalah salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Hijriyah. Umat Islam dianjurkan melaksanakan amalan-amalan di bulan Syaban, salah satunya adalah puasa. Lalu, berapa lama puasa Syaban boleh dilakukan? Berikut jadwal dan ketentuannya.

 Puasa Sya'ban berapa hari? Pertanyaan itu tentu banyak terbesit dalam pikiran para muslim yang hendak memperbanyak ibadah di bulan tersebut.

Sebagai informasi, awal bulan Sya'ban tahun ini jatuh pada hari Rabu, 22 Februari 2023. Maka dari itu, para muslim berbondong-bondong melaksanakan berbagai ibadah sunnah seperti yang pernah dilakukan Rasulullah SAW semasa hidupnya untuk mendapatkan rida dari Allah SWT sejak hari ini.

Hal itu sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda, "Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa." (HR Abu Dawud dan Nasa’i).

Puasa Sya'ban berapa hari?

Jika mengacu pada hadits di atas, tidak ada aturan khusus mengenai jumlah hari yang dianjurkan untuk melaksanakan puasa Sya'ban. Rasulullah SAW bahkan disebut banyak berpuasa di bulan Sya'ban dibandingkan bulan-bulan lain selain bulan Ramadan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut