get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Bacaan Niat serta Doa Buka Puasa Nisfu Syaban, Lengkap dengan Artinya

Selasa, 07 Maret 2023 | 14:45 WIB
header img
Ilustrasi buka puasa - doa buka puasa Nisfu Syaban(Foto list)

SERANG, iNewsBanten - Bulan Syaban adalah salah satu bulan yang dimuliakan sehingga banyak amalan yang bisa dilakukan umat Islam, salah satunya berpuasa. Berikut niat dan doa buka puasa Nisfu Syaban.

Disebutkan bahwa Rasulullah SAW kerap melakukan puasa di bulan Syaban dan memperbanyak ibadah di bulan ini. Dalam hal ini, Syeikh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nihayatul Zein mengungkap:

"Puasa Syaban (disunahkan) karena Rasulullah SAW menyukai puasa pada bulan itu. Siapa yang puasa Syaban, dia akan memperoleh syafaat Rasulullah SAW di hari akhirat kelak."

Nisfu Syaban 1444 H jatuh pada tanggal 15 Syaban. Tahun ini, Nisfu Syaban bertepatan dengan tanggal 8 Maret 2023 Masehi.

Malam Nisfu Syaban sering disebut sebagai Laylatul Bara’ah yang artinya adalah Malam Pengampunan Dosa. Di mana malam inilah syafaat atau pertolongan Allah SWT tercurahkan secara melimpah.

Pada malam ini pula seluruh catatan amal manusia selama satu tahun diangkat ke hadapan Allah. Keistimewaan Nisfu Syaban sebagaimana termaktub dalam hadits berikut.

“Rahmat Allah SWT turun ke bumi di malam nisfu Syaban. Allah akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (H.R. Baihaqi).

Karena dianggap istimewa, salah satu amalan yang biasa dilakukan oleh sebagian Muslim adalah menjalankan puasa.

Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila malam nisfu Sya’ban, maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: “Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rezeki maka Aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar.“

Adapun niat puasa Nisfu Syaban yang bisa dilafalkan adalah sama seperti puasa sunnah di hari-hari lain di bulan Syaban. Berikut adalah bacaannya Arab, latin, dan artinya.

نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى

Nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala.

Artinya: Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka Puasa Menurut Hadits Shahih

Doa atau niat berbuka puasa dibaca sebelum membatalkan puasa, ketika adzan magrib berkumandang. Doa puasa Nisfu Syaban sama dengan puasa Ramadhan atau puasa yang lainnya dalam Islam.

Doa ini telah dibaca oleh mayoritas umat Islam, sehingga banyak yang familier dan hafal bacaan doa ini. Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 109).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut