get app
inews
Aa Read Next : Tips Agar CVT Motor Matic Anda Awet! Salah Satunya Bersihkan CVT Minimal 12.000 Km

Kenali Gejala-gejala Rem Tromol Kamu Sering Bermasalah

Jum'at, 29 September 2023 | 11:24 WIB
header img
Sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap keausan kampas atau masalah lainnya pada beberapa komponen rem tromol. (DAM)

SERANG, iNewsBanten - Jenis pengereman pada kendaraan pada umumnya ada dua, yakni rem model cakram dan tromol. Biasanya rem cakram banyak digunakan pada sepeda motor baru dan jenis rem tromol pada sepeda motor lawas.

Meski sudah jarang ditemui, rem motor jenis drum brake atau rem tromol ini masih banyak digunakan. Biasanya sepeda motor yang menggunakan model rem tromol adalah skutik kelas 110cc atau 125cc, juga motor berjenis cub atau motor bebek. Sedangkan untuk sepeda motor tipe sport sudah menggunakan sistem pengereman cakram yang bahkan sudah menggunakan sistem ABS yang lebih canggih.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, baik rem cakram maupun tromol tentunya harus selalu diperhatikan perawatannya untuk menjaga kondisinya tetap prima juga berkendara selalu dalam kondisi aman dan nyaman.

Ade Rohman menyarankan sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap keausan kampas atau masalah lainnya pada beberapa komponen rem tromol.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut