get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Budidaya dan 7 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Bergaya Emak-emak Asal Makassar Pulang Haji Pamer Emas 180 Gram, Ternyata Imitasi

Selasa, 11 Juli 2023 | 16:26 WIB
header img
Suarnati Dg Kanang (46), jemaah haji asal Makassar. (dok. istimewa)

 

MAKASSAR - iNewsBanten- Jemaah haji asal Makassar, Suarnati Daeng Kanang, viral setelah memakai emas 180 gram sepulang dari Makkah, Arab Saudi. Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah memeriksa perhiasan itu dan memastikan bahwa emas itu imitasi.

Bea Cukai telah melakukan pemeriksaan terhadap jamaah haji asal Makassar yang pamer emas sepulang dari tanah suci. Hasilnya, Bea Cukai mengungkap jika emas yang digunakan rupanya adalah emas imitasi yang dibeli dari Arab Saudi. Untuk menguji emas milik jamaah haji tersebut, Bea Cukai menggandeng pihak Pegadaian.

Jamaah haji kloter pertama asal kota Makassar, Sulawesi Selatan, Suarnati Daeng Kanang (40) menjalani pemeriksaan klarifikasi selama tiga jam di kantor Bea Cukai Makassar pada Senin (10/7/2023). Pemeriksaan ini terkait gaya pamer emasnya senilai 180 gram di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar usai tiba dari tanah suci menjalani ibadah haji pada 5 Juli 2023.

Humas Bea Cukai Makassar Ria Novika membeberkan hasil pemeriksaan serta pengujian emas bersama Pegadaian, dengan menyebut emas yang digunakan rupanya adalah imitasi yang dibeli saat menjalani ibadah haji.

Surat keterangan keabsahan hasil pengujian emas tersebut, kata dia, diterbitkan langsung oleh Pegadaiaan Kantor Cabang Pasar Butung Makassar. Lantaran perhiasan yang digunakan jamaah haji tersebut terungkap hanya imitasi dan nilai harga tidak lebih dari ketetntuan bea masuk international maka dilakukan pembebasan pajak.

“Terkait dengan hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan, kami telah mengunjungi kediaman yang bersangkutan, kemudian kami melakukan konfirmasi permintaan keterangan, beliau menyambut hangat dan koperatif pada Bea Cukai termasuk menunjukkan perhiasan, emas yang dia bawa pada saat turun dari pesawat,” kata Ria.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut