Lanjut Sahat, kami membuka komunikasi kepada Stranas PK dalam peningkatan pelayanan pengurusan dokumen karantina di pelabuhan yang diharapkan untuk pelayanan fisik atau tatap muka dihilangkan dan semua menggunakan sistem digital yang dapat diajukan oleh pelaku usaha kapan pun tidak harus pengajuan di kantor," Ujarnya.
Dari Pelaku usaha juga menyampaikan testimoni Pelayanan karantina sangat cepat dan terintegrasi serta harapan kedepan sertifikasi dokumen karantina kedepan dapat digitalisasi.
Regional Head 2 Pelindo Drajat Sulistyo menanggapi, di Pelabuhan Banten khususnya di Pelindo sudah sangat baik untuk pelayanan penyandaran kapal selama 1 jam sudah dapat dilayani dengan baik dengan berkolaborasi dengan instansi terkait yang mendapatkan persetujuan ijin dalam pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Ciwandan sudah melakukan improvement dengan penambahan layanan Gudang curah kering dengan muatan kapal sebanyak 73.000 MT dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari menggunakan Gantry Luffing Crane (GLC) dan sebagiannya ditumpuk gudang," Ungkapnya.
Editor : Mahesa Apriandi