get app
inews
Aa Read Next : Komunitas Safety Banten Gandeng Sefactor! Adakan Seminar Metode Pengelolaan Air Limbah Industri

BPOM Serang Temukan 61 Jenis Makanan Olahan dan Siap Saji Mengandung Bahan Kimia Berbahaya di Banten

Kamis, 29 Februari 2024 | 13:11 WIB
header img
Berdasarkan Temuan BPOM Serang, terdapat 61 olahan pangan di Banten mengandung bahan kimia berbahaya. Hal itu disampaikan Kepala Balai BPOM Serang, Mojaza Sirait (kanan). Foto: Fariz Abdullah

SERANG, iNewsBanten.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang, mengungkapkan ada 61 jenis pangan di Provinsi Banten mengandung bahan kimia berbahaya. Temuan tersebut setelah Balai BPOM Serang memeriksa 561 sampel jenis pangan. 

Kepala Balai BPOM Serang, Mojaza Sirait mengatakan, 61 jenis pangan itu merupakan pangan olahan dan siap saji. BPOM juga telah melakukan pembinaan kepada masing-masing produsen.

"Di tahun 2023 ada 561 jenis pangan yang kita ambil sampel di Banten. Memang 61 di antaranya itu mengandung bahan kimia berbahaya," ujar Mojaza di Rangkasbitung, Kamis (29/2/2024). 

Dia menyampaikan, BPOM Serang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak dalam melaksanakan program Desa Pangan Aman, Keamanan Pangan Jajanan Sekolah dan Pasar Pangan Berbasis Komunitas. 

"Kita akan sosialisasi kepada masyarakat termasuk para produsen maupun pedagangnya sehingga masyarakat bisa terhindar dari olahan pangan berbahaya," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Budi Santoso berharap kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lebak dengan BPOM Serang bisa menekan penyebaran pangan berbahaya di Bumi Multatuli.

"Jadi nanti kegiatannya itu BPOM memberikan Bimtek, sosialisasi kepada konsumen maupun produsennya juga," kata Budi.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut