get app
inews
Aa Read Next : Malam Nuzulul Qur'an Wali Kota Cilegon Didampingi Camat Jombang Santuni Puluhan Anak Yatim

Hikmah bagi Umat Islam Dalam Khutbah Jumat Singkat tentang Nuzulul Quran

Jum'at, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB
header img
Foto: Ilustrasi teks khutbah Jumat singkat tentang nuzulul quran. (Layar tangkap)

Al Qur'an sebagai kalam Allah SWT diturunkan ke dunia melalui Nabi Muhammad SAW, Rasulullah pembawa amanat yang jujur dan terpercaya. 

Al Quran yang diembannya berisikan undang-undang dan petunjuk bagi umat manusia dalam mengatur dan mengarahkan tujuan hidup dan kehidupan. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam surat AI Baqarah, ayat 185.  

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ.

Latin: Syahru Ramadhaanal ladzii unzila fiihil qur'aaanu hudan linnaasi wabayyinaati minal hudaa wal furqaan

Artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).

Lanjutan Khutbah I
Cahaya Al-Qur'an telah menyinari seluruh pelosok dunia, bukan saja sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi pribadi yang menghendaki ketentraman, kedamaian dan kebahagiaan, tetapi juga memberikan petunjuk dan pedoman mengenai sistem berkeluarga, berrnasyarakat, bahkan bernegara. 

Pada kenyataannya, diturunkannya Al-Qur'an telah memberikan beberapa hikmah yang dapat kita petik dari kandungan masing-masing ayatnya yang penuh dengan mukjizat itu, antara lain yaitu "hikmah kebajikan".

Hadirin sidang Jum'at yang berbahagia!

Kebajikan merupakan suatu nilai yang masih sering diperdebatkan orang, mulai dari debat kusir hingga debat argumentatif, yaitu dengan mengemukakan alasan yang kuat bukan hanya pada zaman sekarang melainkan sejak setan menggoda Adam dan Hawa disurgao Selagi pengertian dan pemahaman kebajikan itu masih didasarkan pada nalar akal manusia, selama itu pula perdebatan mengenai nilai kebajikan itu tidak akan pemah selesai.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut