get app
inews
Aa Read Next : Marak Peredaran Narkoba, BNN Banten Kumpulkan Pemilik Tempat Hiburan Wilayah Serang-Cilegon

Masyarakat Putus Sekolah dan Belum Memiliki Pekerjaan Ikuti Keterampilan Pengolahan Hasil Perikanan

Sabtu, 25 Mei 2024 | 20:31 WIB
header img
Peserta Pelatihan Berfoto bersama salah satu pemateri.

PANDEGLANG, iNewsBanten - Lembaga Kursus dan Pelatihan atau LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah Kecamatan Cimanuk memberikan pendampingan terhadap masyarakat yang putus sekolah dan belum memiliki pekerjaan dalam program wirausaha.

 

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha atau PKW tahun 2024 diselenggaran LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah di Desa Cimanuk, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.

 

Program PKW ini berasal dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek.

Pimpinan LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah, Santy Anjar Pratiwi mengatakan, pada program PKW, Lembaganya memberikan pendampingan kepada masyarakat yang putus sekolah dan belum memiliki pekerjaan dalam keterampilan pengolahan hasil perikanan jenis nugget ikan dan baso ikan.

 

Kegiatan itu bekerjasama dengan UMKM Kedai Berkah, Andiens Collection, Kedai Nadlira, Lembaga Permodalan Bank BRI, dan platform digital seplus marketplace, dan PWI Pandeglang.

 

"Intinya, kita pendampingan sampai mereka bisa usaha secara mandiri, dan bisa memiliki usaha dan penghasilan. Makanya, kita mengambil narasumbernya dari PWI, memberikan pengetahuan dalam mengelola media sosial tentang pemasaran," kata Santy, Sabtu, 25 Mei 2024.

Dalam program PKW, kata Santy, para peserta yang putus sekolah mendapatkan pendidikan karakter kewirausahaan, keterampilan, pemasaran dan akses permodalan, dan pengelolaan hasil usaha.

 

Seperti tujuannya, PKW adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan sikap mental wirausaha masyarayat dalam mengelola potensi diri dan lingkungan sebagai bekal berwirausaha.

 

"Melalui program PKW dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di bidang wirausaha, dan memiliki keahlian, kemampuan, serta semangat wirausaha, karena rasio pengusaha mempengaruhi majunya suatu negara," tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut