get app
inews
Aa Read Next : Upaya Cegah Judi Online, Camat Ciomas Sidak Pegawai dan Kades se-Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang

Kecamatan Cinangka Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-54 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Serang

Selasa, 28 Mei 2024 | 19:01 WIB
header img
Kecamatan Cinangka menjadi tuan rumah untuk kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Serang ke-54 yang bertempat di Pantai Florida (foto istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Kecamatan Cinangka menjadi tuan rumah untuk kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Serang ke-54 yang bertempat di Pantai Florida Kecamatan Cinangka, acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa, kegiatan MTQ dilaksanakan secara berjenjang baik MTQ tingkat kabupaten dan kota, provinsi dan nasional. Di Kabupaten Serang pun, pelaksanaan MTQ dilakukan setiap tahun untuk mengikuti jenjang dimana para kafilah yang menjadi juara akan mewakili Kabupaten Serang ke tingkat provinsi bahkan nasional.  

”Kami berharap pembinaan yang dilakukan Pemda Kabupaten Serang dengan para alim ulama, ponpes dan para pembina di bawah LPTQ semoga bisa membawa nama Kabupaten Serang menjadi juara seperti sebelumnya,”ujarnya kepada wartawan.

Meski pelaksanaan MTQ di akhir menjelang MTQ tingkat Provinsi Banten pada akhir Juli 2024, kata Tatu, tentu adanya kekhawatiran kurang maksimalnya pembinaan bagi para kafilah. Namun pihaknya tetap optimis karena upaya dilaksanakannya MTQ, selain untuk mengantarkan para kafilah menjadi juara di tingkat Kabupaten Serang bahkan bisa mewakili ke tingkat nasional.

”Yang lebih terpenting lagi tujuan dari MTQ ini untuk memasyarakatkan, kami semua dan seluruh masyarakat Kabupaten Serang cinta terhadap Al Qur'an,”katanya. 

Disamping itu, sambung Tatu, selain untuk meningkatkan kualitas para qori qoriah dalam membaca al qur’an secara tajwid  dan makhrojnya serta pemahaman semua terhadap al qur'an. ”Karena seringkali mendengar dari para alim ulama, kita tidak hanya membaca tetapi memahami isi al qur'an kemudian dijadikan pegangan kita, panduan kita dalam kehidupan sehari-hari,”paparnya.

Sebagai bagian dari evaluasi, Tatu mengintruksikan agar pelaksanaan MTQ ke-55 yang seharusnya digelar pada Tahun 2025 agar dilaksanakan pada Desember 2024. Upaya itu agar tidak terjadi pada MTQ 2024 yang dilaksanakan di akhir menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten, karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri sehingga MTQ tidak bisa dilaksanakan pada awal tahun.

”Di awal tahun juga anggaran belum masuk sehingga tidak bisa menyelenggarakan, tapi jangan jadi permasalahan ketua dewan dan TAPD menyanggupi begitu juga setiap OPD untuk mengganggarkan MTQ tingkat Kabupaten Serang pada Desember 2024,”paparnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut