get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Lebak Darurat Pencatatan Pernikahan, 430.409 Jiwa Belum Memiliki Akta Nikah

Selasa, 16 Juli 2024 | 20:51 WIB
header img
Sejumlah warga sedang melakukan sidang isbat nikah.

LEBAK, iNewsBanten - Hingga pertengahan tahun 2024, tercatat ada 756.893 jiwa yang melakukan pernikahan di Kabupaten Lebak, angka ini merujuk pada data Disdukcapil Kabupaten Lebak, yang merupakan hasil dari masyarakat yang melakukan pelaporan pencatatan pernikahannya. Namun, dari angka tersebut, baru 326.484 jiwa yang tercatat memiliki akta nikah. Sedangkan, jumlah warga yang belum mencatatkan pernikahannya ke negara, atau belum memiliki akta nikah mencapai 430.409 jiwa, atau 57 persen dari jumlah penduduk yang melakukan pernikahan sebanyak 756.893 jiwa. 

 

Hal ini tentu akan memunculkan persoalan, dan akan menyulitkan warga, mengingat akta nikah ini menjadi syarat utama dalam mengurus administrasi kependudukan lainnya, seperti akta kelahiran anak, kartu keluarga, paspor dan pemberkasan administrasi kependudukan lainnya.

 

“Kita harus melihat kultur masyarakat Lebak, yang berbeda dengan kota-kota besar lainnya. Namun, saat ini masyarakat sudah mulai sadar untuk melakukan pencatatan pernikahan, yang sebelumnya cukup dengan pernikahan agama saja. Seiring dengan banyaknya kebutuhan pembuatan administrasi, seperti pembuatan BPJS, yang memerlukan persyaratan yang tadi,” ucap Ahmad Nur Muhammad, Kepala Disdukcapil Kabupaten Lebak. Selasa, (16 Juli 2024).

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak terus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait pentingnya memiliki dokumen akta nikah. Selain itu, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan Pengadilan Agama Rangkasbitung mengenai persoalan ini. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut