get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Gelar Festival Layanan Hukum dan HAM Banten 2024, Lapas Cilegon Kolaborasi Kemenkumham bersama Pemda

Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:14 WIB
header img
Gelar Festival Layanan Hukum dan HAM Banten 2024, Lapas Cilegon Kolaborasi Kemenkumham bersama Pemda (ist)

Kalapas Cilegon, Yosafat Rizanto, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyatakan dukungannya terhadap program-program Kemenkumham. "Kami sangat mendukung program-program Kemenkumham yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Melalui kegiatan seperti ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya taat hukum dan menjaga hak kekayaan intelektual mereka. Ini merupakan langkah positif untuk menciptakan lingkungan yang lebih tertib dan berkeadilan," ujar Kalapas.

Menkumham juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung masyarakat untuk lebih sadar dan taat hukum. "Kehadiran Kemenkumham dalam memberikan pelayanan hukum dan HAM secara langsung kepada masyarakat adalah bentuk akuntabilitas dan dukungan pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa," ujarnya.

Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan hasil kerja nyata dari kerjasama antara Kemenkumham dan pemerintah daerah melalui pembinaan Kelompok Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM) dan pengembangan Desa/Kelurahan binaan. Menkumham berharap dengan peresmian 51 Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan pengukuhan 80 Desa/Kelurahan Binaan Sadar Hukum di provinsi Banten, akan semakin mencerminkan masyarakat yang tertib, berbudaya, dan cerdas hukum.

Program desa sadar hukum dinilai sebagai aset penting bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Daerah dengan kesadaran hukum yang tinggi sangat mendukung iklim investasi yang kondusif. Ini berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat melalui perluasan akses keadilan, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Mari kita perkuat kolaborasi antar instansi dan melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembinaan hukum nasional untuk menuju Indonesia Emas 2045," kata Menkumham mengakhiri.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut