get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Reformasi Birokrasi Tematik Harus Berpihak Kepada Masyarakat

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 16:23 WIB
header img
Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Reformasi Birokrasi Tematik Harus Berpihak Kepada Masyarakat (ist)

SERANG, iNewsBanten - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, tema Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Provinsi Banten fokus pada reformasi birokrasi tematik berdampak. Program kerja dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai pertanggungjawabannya harus sebesar-besarnya bagi masyarakat. 

Hal tersebut diungkap Al Muktabar saat menjadi pemateri dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Angkatan XXXVI 2024 yang dilaksanakan di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten, Pandeglang, Kamis (22/8/2024).

“Untuk itu tentu keberpihakan komposisi anggaran. Juga kita dorong sebesar-besarnya untuk masyarakat,” ucap Al Muktabar.

Pola perencanaan itu, lanjutnya, harus menjadi disiplin bersama. Sebab Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah mempunyai tugas mengarahkan seluruh Pemda untuk mengoptimalkan pembiayaan yang ada kepada amanat itu.

“Kalau tidak dipenuhi, bisa berdampak pada kerugian negara. Karena dengan fokus seperti itu, pencapaian kesejahteraan masyarakat bisa lebih cepat dilakukan,” jelas Al Muktabar. 

Kepemimpinan, menurut Al Muktabar, menjadi kata kunci karena ia akan menjadi operatornya. Kepemimpinan ke depan harus cepat dan juga memiliki semangat melayani dan kolaborasi. 

“Itu akan dibutuhkan pada waktunya nanti ketika sudah memimpin di instansi Kementerian, Lembaga masing-masing termasuk Pemda,” ucapnya.

Terakhir Al Muktabar berharap para peserta bisa mengikuti dengan baik, transformasi pengetahuan, diskusi antar daerah menjadi lebih aktif ditambah dengan tutor dari praktisi maupun widyaswara yang akan mengkayakan pengetahuan kepemimpinan.

Kepala BPSDM Provinsi Banten Untung Saritomo mengatakan, Diklatpim dilaksanakan  menggunakan metode blended learning yaitu pembelajaran yqng dilakukan dgn memadukan jalur klasikal dan  non klasikal dengan  beberapa tahap. Tahap pertama klasikal selama 3 hari, kemudian mereka pulang. Selanjutnya tahap pembelajaran  mandiri atau MOOC dgn  menggunakan LMS Banten Ceria, atas kesepakatan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Pelaksanaan  MOOC atau belajar mandiri dilaksanakan selama 9 hari yang kemudian dilanjutkan dengan tahap e-learning ( sinkronus/ansynkronus) selama 21 hari, setelahnya nanti baru ada komitmen bersama yang dilaksanakan selama tiga hari.

Kemudian  masuk pada klasikal tahap II selama. 7 hari,  pada tahap ini akan dilakukan visitasi ke daerah lain sebagai best practice guna menambah wawasan peserta diklat  dan pada tahap berikutnya aktualisasi kepemimpinan di tempat kerja selama.60 hari dan saat itu peserta membuat/menyusun  proyek perubahannya., ujarnya. 

Pada tahap akhir dilakulan seminar akhir proyek perubahan dan Totalnya lamanya pelatihan  itu sekitar 923 jam Pelajaran atau setara dgn  107 hari, ungkap Untung.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Pelatihan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat II itu sendiri merupakan kepercayaan yang diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) kepada Pemprov Banten. Ada 47 peserta yang mengikuti Diklatpim yang berasal dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Sumatera, NTT, Jawa dan 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut