get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Viral Isu Megathrust bikin Kunjungan Wisatawan ke Banten Turun, Ini Tanggapan BMKG 

Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:50 WIB
header img
Pantai Mabak, salah satu destinasi wisata di Banten. Isu megathrust bikin kunjungan wisatawan ke Banten Turun. Foto: ist

JAKARTA, iNewsBanten.id - Isu mengenai gempa megathrust yang disampaikan oleh BMKG beberapa waktu lalu telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.

BMKG juga menyebutkan bahwa salah satu area yang mungkin terdampak oleh prediksi ini adalah daerah wisata pantai, termasuk kawasan Carita, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari Provinsi DKI Jakarta dan Banten.

Namun, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Rahmat Zultika, memastikan bahwa hingga saat ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Banten masih dalam keadaan kondusif. 

Menurutnya, penurunan jumlah wisatawan di destinasi wisata Banten tidak semata-mata disebabkan oleh isu Megathrust, tetapi lebih karena saat ini masih dalam periode low season atau belum memasuki musim libur sekolah.

"Secara umum kondisinya masih kondusif. Memang ada penurunan jumlah wisatawan, namun itu bukan sepenuhnya akibat isu Megathrust. Hal ini mungkin kebetulan terjadi bersamaan dengan musim low season atau belum memasuki libur sekolah," jelas Rahmat, seperti dilansir dari laman Kemenparekraf pada Rabu (28/8/2024).

Rahmat juga memastikan bahwa berbagai upaya mitigasi bencana, termasuk gempa, telah dilakukan bersama BMKG. Upaya tersebut meliputi pemasangan sistem deteksi dini di 22 titik serta penerapan tiga learning system di lokasi-lokasi seperti Tanjung Lesung dan Pantai Labuan.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut