get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Viral Isu Megathrust bikin Kunjungan Wisatawan ke Banten Turun, Ini Tanggapan BMKG 

Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:50 WIB
header img
Pantai Mabak, salah satu destinasi wisata di Banten. Isu megathrust bikin kunjungan wisatawan ke Banten Turun. Foto: ist

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Weniza, menambahkan bahwa Megathrust merupakan isu yang tidak hanya bersifat nasional tetapi juga internasional, sehingga berbagai langkah mitigasi diperlukan, terutama dalam memperkuat kesiapsiagaan masyarakat.

"Sebagai panduan, pada tahun 2020 Indonesia telah menerbitkan ISO 22328-3 yang berjudul 'Guideline for Implementation of The Tsunami Warning System'. Panduan ini berfungsi sebagai alat praktis yang bisa digunakan oleh berbagai sektor, khususnya pariwisata," kata Weniza.

Kemenparekraf juga mencatat bahwa menurut data BPS, distribusi perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2023 menunjukkan Jakarta dan Banten berada di lima besar provinsi asal distribusi perjalanan wisatawan. 

Jakarta dan Banten masing-masing menyumbang persentase sebesar 8,06 persen dan 6,55 persen. Secara keseluruhan, pergerakan wisatawan nusantara di Banten dari Januari hingga Desember 2023 tercatat mencapai 43.129.799 pergerakan, menurut data BPS.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut