get app
inews
Aa Read Next : Wah! Ternyata YouTube Paling Banyak Digunakan Anak di Bawah 12 Tahun, Bagaimana Peran Orang Tua

Ingin Menjadi Konten Kreator Lifestyle Hingga Travel, Ini Caranya

Senin, 22 April 2024 | 12:06 WIB
header img



Olivina Maskan selaku Program Director Indonesia Content Creator Conference 2022, mengatakan, proses membuat konten itu panjang dan tidak gampang. 

"Tugas konten kreator adalah melakukan pengembangan ide, melakukan riset,  menyusun naskah, membuat redaksi (copy), proses syuting, editing, sampai promosi konten," kata mahasiswi jurusan Komunikasi President University (Batch 2021) ini.

Olivina yang juga seorang konten kreator pendidikan ini pun memberikan tips untuk menjadi konten kreator yang dapat menghasilkan profit.  Menurut Olivina untuk menjadi konten kreator yang pertama harus dilakukan adalah membangun personal branding. Menurutnya setiap anak muda punya bakat dan ketertarikan berbeda.

"Ini perlu digali dulu kekuatannya di mana. Apa yang bisa diberikan, karena ada suka komedian, seniman, travel, lifestyle,atau pendidikan. Yang penting jangan ikuti tren. Cari hal unik," kata dia.

Tips kedua, yaitu membangun sistem dan tim. Menurutnya hal ini penting untuk dilakukan. "Kalau mau berkembang perlu support dari orang sekitar. Misal, saya bangun sistem seperti jadwal. Jika masih sekolah, atur setiap Senin sampai Kamis untuk cari ide dan riset. Jumat untuk merekam video. Sabtu untuk edit. Dan Minggu untuk unggah. Jadi ada sistem dan konsisten," kata dia.

Sedangkan untuk tim, bisa bekerjasama dengan orang sekitar, seperti orang tua atau keluarga.

Tips ketiga adalah konsisten. Ini bagian yang sangat sulit. "Ketika menjadi konten kreatif gak ada yang jadi bos jadi akan disuruh. Jadi konten kreator ini tugas kita, bagaimana untuk konsisten membuat bahan dan video. Meski lambat yang penting ada," ujar Olivina.

Dia menambahkan, untuk menjadi konten kreator harus konsisten. Jika sering meng-upload bisa menghasilkan profit. "Konten kreator besar itu keuntungannya banyak, bisa miliaran. Tapi bagi konten kreator kecil, bisa punya peluang bekerjasama dengan brand dan lainnya," kata Olivina.

Dalam rangka mendukung perkembangan kelompok milenial dan gen z di dunia media sosial, President University memberikan wadah dalam acara Indonesia Content Creator Conference 2022 yang akan diselenggarakan pada 18 Juni 2022, secara Online dan Offline (Hybrid).

Acara ini menghadirkan 10 konten kreator Indonesia di antaranya: Arfiana Maulina, Deris Nagara, Calista Fahira, Angelyna Victoria, Achintya Nilsen, Khalisha Cantara, Zhafira Aqyla, Tatjana Syafira, Zahid Ibrahim, dan Olivina Maskan.

"Para konten kreator ini akan memberikan materi dan penerapan bagi pelajar dan umum yang ingin mengembangkan ide kreativitas melalui media sosial," kata Jella menambahkan.

Pemaparan materi dikelompokkan menjadi tiga sesi, yaitu Creativity Class, Career Development Class, dan Critical Thinking Class. Adapun tema yang diangkat adalah "Menjadi Konten Kreator". Kegiatan yang menargetkan lebih dari 1.000 peserta ini didukung oleh PATA Indonesia dan juga sponsor di Kawasan Industri Jababeka.

Kegiatan ini mengundang kelompok milenial dan gen z seluruh Indonesia, dari semua kalangan terutama siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang ingin mengembangkan bakat dan keterampilan untuk berkarya di bidang media sosial.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut