get app
inews
Aa Read Next : 957 Calon Jemaah Asal Pandeglang Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Keindahan Pantai Cidatu Carita Pandeglang, Spot Foto dan Bermain Layangan

Minggu, 21 April 2024 | 02:47 WIB
header img
Keindahan Pantai Cidatu Carita Pandeglang, Spot Foto dan Bermain Layangan : foto /brisik.id

SERANG, iNewsBanten.id - Seolah tak ada habisnya, deretan pantai di daerah Carita kabupaten Pandeglang ini menyuguhkan pemandangan apik khas pesisir pantai. Salah satu pantai yang memiliki landmark ialah pantai Cidatu Carita.

Berbeda dengan pantai lainnya pantai Cidatu ini merupakan pesisir pantai yang sangat dekat dengan jalan raya Carita-Anyer, karena lokasinya yang sangat dekat dengan jalan raya, maka kementerian PUPR berinisiatif untuk membangun sebuah landmark dan jejeran tempat duduk yang bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar. 

Pemandangan pasir yang membentang dan wisata laut seperti banana boat tidak akan Teman Brisik jumpai di pantai Cidatu, karena selain pantainya berkarang pantai Cidatu bukanlah pantai yang dapat dinikmati  seperti kebanyakan pantai lainnya.

Dikutip iNewsBanten.id dari https://today.line.me/id,Pantai ini merupakan pantai yang memiliki air laut yang kerap naik ke permukaan sehingga rawan abrasi, maka dibangunlah landmark bertuliskan Pantai Cidatu Carita yang tempatnya berada di Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Landmark ini kerap dijadikan oleh pengunjung sebagai tempat foto dan bermain layangan.  Kebanyakan pengunjung jarang ada yang berenang dan bermain di area pantai, karena pantai ini hanya untuk persinggahan dan menikmati suasana pantai baik itu ketika sunrise ataupun sunset.

 

Bangunannya yang kokoh dan tanahnya yang sudah di-conblock membuat pantai Cidatu menjadi salah satu tempat bermain asyik dikala libur, terlebih bila musim panas tiba anak-anak akan ramai bermain layangan di sekitar pantai Cidatu.

 

Konon daerah Cidatu merupakan salah satu kawasan kekuasaan sultan Ageng Tirtayasa, nama Cidatu juga diambil dari seorang datuk yang berasal dari Sumatera dan singgah di daerah pesisir pantai serta menetap di sana. Maka tak heran jika kementerian PUPR membangun sebuah landmark dan meletakan jejeran batu pemecah ombak di sisi pantai Cidatu, sebagai upaya pemerintah dalam menahan abrasi air laut yang terus mengikis permukaan daratan di pesisir jalan Carita-Anyer.  

Keunikan Pantai Cidatu 

Selain pemandangan laut yang membentang sejauh mata memandang, di sekitar landmark yang telah dibangun terdapat jejeran tempat duduk yang diperuntukkan bagi pengunjung yang menyengaja singgah. Sore hari merupakan waktu terbaik untuk sekedar duduk dan menghabiskan waktu di bibir pantai. 

Selain itu pantai ini tidak memiliki tiket masuk melainkan pengunjung hanya dipinta uang seikhlasnya untuk membayar parkir dan biaya kebersihan, di sekitar parkir juga kerap berdatangan penjual asongan seperti penjual buah atau minuman dingin. 

 

Selain landmark yang bertuliskan Pantai Cidatu Carita ini, pengunjung akan merasakan seolah sedang berada di sebuah taman dengan view laut yang membentang, tak jarang para penjual layangan dan permainan anak-anak berdatangan dan menawarkan jualannya kepada pengunjung. Pantai Cidatu merupakan tempat singgah untuk mengabadikan momen terbaik bersama kekasih, teman ataupun keluarga. Tentu saja fasilitas seperti toilet dan musala tidak akan Teman Brisik jumpai, karena sejatinya pantai ini merupakan pantai bebas dan terbuka untuk umum serta masyarakat sekitar. 

Sore hari identik dengan waktu golden hour yang berasal dari semburat matahari yang mulai redup, maka itulah waktu terbaik Teman Brisik duduk santai dan berbincang serta mengambil foto di sekitar landmark Pantai Cidatu. Ada pun di pagi hari Teman Brisik bebas menghirup udara pantai dan berolahraga di Pantai Cidatu.  

 

Rute Perjalanan

Dari kota Serang Teman Brisik dapat mengambil jalur Lingkar Selatan menuju jalan raya Anyer, ikuti jalan sampai menuju perbatasan Cinangka-Anyer, Teman Brisik akan menghabiskan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan dari Anyer menuju pantai Cidatu Carita yang berada di sebelah kanan jalan.

Tidak perlu khawatir akan penginapan, ada banyak sekali penginapan di sekitar Carita salah satunya adalah penginapan OYO 1395 Carita Villas and Resort yang terletak di Jl. Raya Labuan KM. 12, RT.11 / RW.04 Desa Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, dengan tarif Rp260.000 per malam atau bisa menghubungi via telepon di (021)29707601. Selamat menghabiskan waktu dengan bermain layangan di bibir pantai Cidatu Carita. 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut