get app
inews
Aa Read Next : Berikut 6 Larangan Ibu Hamil pada 8 Bulan, No 3 Efek Buruk Bagi Janin

Ingin Tahu Siapa Pemilik Bioskop di Indonesia ?

Jum'at, 17 Mei 2024 | 06:32 WIB
header img
Bioskop dibuka kembali setelah PPKM dilonggarkan.(Foto: Dok iNews.id)

Dikutip dari beberapa sumber, berikut pemilik bioskop-bioskop yang beredar di Indonesia.

  1. Cineplex 21 Group

Cineplex 21 Group merupakan pelopor bioskop di Indonesia yang memulai usahanya pada 21 Agustus 1987. Studio pertama dibangun di Jalan MH Thamrin Kav 21 pasalnya hal ini menjadi alasan angka 21 diambil untuk melengkapi nama Cineplex 21 Group.  

Awalnya bioskop ini didirikan oleh Sudwikatmono yang bekerjasama dengan Benny Suherman dan Harris Lesmana. Kemudian Sudwikatmono melepaskan kepemilikan bioskop 21 itu kepada partnernya, Benny Suherman dan Harris Lesmana pada 1999.

Cineplex 21 Group terdiri dari, Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, IMAX. Untuk The Premier biasanya ditargetkan bagi para penikmat film yang ingin menonton dengan fasilitas premium dan mewah.

  1. CGV Cinemas

CGV merupakan perusahaan bioskop yang berasal dari Korea Selatan. Cabang CGV tersebar di berbagai negara salah satunya Indonesia. 

CGV Indonesia didirikan oleh Ananda Siregar dan David Hilman pada tahun 2006. Bioskop pertamanya ada di Paris Van Java Mall, Bandung. Keduanya sangat kompak dan memiliki kerja sama yang baik hingga bisnis bioskop mereka besar seperti sekarang. 

CGV juga sempat mengganti namanya beberapa kali. Saat pertama kali diluncurkan CGV bernama Biltzmegaplex, namun pada tahun 2015 berganti nama jadi CGV Blitz. Dan sekarang hanya CGV.

CGV memiliki layar besar di auditorium 1 di CGV Cinemas Grand Indonesia, hal ini membuat CGV meraih penghargaan dari MURI sebagai bioskop dengan layar terbesar di tanah air.

  1. Cinemaxx

Bioskop ini didirikan pada 2013 oleh Brian Riady, cucu konglomerat Indonesia, Mochtar Riady.  Alumni Universitas Texas Amerika Serikat ini sempat bekerja sebagai analis investasi perbankan di Credit Suisse, New York, sebelum mendirikan Cinemaxx.

Meskipun terbilang baru, Cinemaxx sudah membuka banyak layar di mal-mal seluruh Indonesia, khususnya mal milik Lippo Group.
 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut