Simak Faktor Penyebab Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup

Dyah Ratna Meta Novia
 4 faktor Penyebab Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup (Foto: Blocks of life)

Efisiensi tidur adalah rasio total waktu yang dihabiskan untuk tidur dalam satu malam dibandingkan dengan jumlah total waktu yang dihabiskan di tempat tidur. Seseorang yang menghabiskan banyak waktu di tempat tidur tetapi tidak tidur, maka besar kemungkinan efisiensi tidurnya rendah.

Ada banyak faktor yang dapat menurunkan persentase efisiensi tidur. Melansir Bustle, mungkin sejumlah penyebab yang bikin kamu masih mengantuk.

1. Menghabiskan waktu yang lama untuk tertidur

Efisiensi tidur dapat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya waktu yang dihabiskan untuk tertidur. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur, maka tidur semakin tidak efisien.

Meskipun waktu yang dihabiskan untuk tidur sesuai dengan yang disarankan oleh ahli, jika seseorang kesulitan untuk tidur maka bisa jadi tidur kurang nyenyak. Penyebabnya bisa karena berolahraga terlalu lama dan menonton hal-hal yang mengejutkan sebelum tidur.

2. Mengalami sindrom kaki gelisah

Ada hubungan kuat antara sindrom kaki gelisah dengan efisiensi tidur. Orang terus menendang dan menggerakkan anggota tubuhnya selagi terlelap maka tidurnya tidak efisien. Sindrom ini meningkatkan gairah sehingga berdampak pada kurangnya waktu tidur dan indeks fragmentasi tidur yang meningkat.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network