Pernikahan Belum Tercatat Tinggi, Pengadilan Agama Rangkasbitung Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu

Y. D. Taruna
Dr. Saiful, S.Ag., M.H., Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung.

LEBAK, iNewsBanten - Pengadilan Agama Rangkasbitung melakukan sidang isbat nikah terpadu di Wisata Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak Banten. Hal ini dilakukan sebagai upaya cepat Pengadilan Agama Rangkasbitung, mengingat masih banyaknya pernikahan yang belum tercatat secara negara. Kamis, 13 Juni 2024

 

"Tujuan utamanya membantu masyarakat yang belum tercatat, agar kemudian dicatatkan, sehingga bisa memperoleh akta nikah dan dokumen kependudukan lainnya. Disamping itu, ini merupakan salah satu program unggulan Badilag tahun 2024, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat mencari keadilan," ucap Dr. Saiful, S.Ag., M.H., Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung.

 

Sebanyak 80 pasangan suami istri dan saksi, telah berkumpul untuk melakukan sidang terpadu, yang sebelumnya telah memenuhi syarat, serta telah lolos verifikasi berlapis oleh Kepaniteraan dan Majelis Hakim sebelum proses persidangan. Dengan demikian pernikahannya tercatat secara negara dan sah dimata hukum.

 

"Kegiatan ini dilakukan untuk mendekatkan masyarakat kepada proses peradilan, sehingga azas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan dapat diperoleh masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu," ujarnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network