get app
inews
Aa Read Next : 5 Camilan dengan Kandungan Kolesterol Tinggi, Jangan Kalap Makannya

3 Tanda Harus Segera Cek Kolesterol Sebelum Terlambat, Waspadai Lemak Bagian Tubuh

Minggu, 21 April 2024 | 08:46 WIB
header img
Ilustrasi (Foto:Freepik)

Ada dua bentuk utama lipoprotein. yakni low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Keduanya memiliki peran penting masing-masing.

Akan tetapi, jika kadar kolesterol jahat dalam darah tinggi dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Plak yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan komplikasi dan yang paling berbahaya menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sama halnya dengan diabetes, keduanya merupakan penyakit golongan silent killer. Sebab, kebanyakan penderita tanpa sadar memiliki penyakit tersebut bila tak melakukan tes darah.

Berikut 3 tanda harus segera cek kolesterol sebelum terlambat dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Penumpukkan Lemak pada perut

Lemak di perut yang terlalu banyak kerap membuat tak percaya diri. Bukan hanya itu saja, penumpukan lemak di perut juga sering dikaitkan dengan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik merupakan sebuah gangguan kesehatan yang bisa meningkatkan resiko penyakit berat, seperti kolesterol tinggi, jantung koroner, serangan jantung, diabetes, dan juga stroke.

2. Alami Sesak nafas

Kolesterol tinggi bisa membuat penderitanya mengalami sesak nafas. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan arteri koroner. Bukan hanya itu saja, penderita biasanya juga akan mengalami nyeri pada dada.

3. Benjolan kuning pada mata

Munculnya benjolan kuning yang terletak di bawah kulit bisa terjadi karena adanya timbunan lipid atau lemak. Biasanya benjolan ini akan muncul pada sekitar mata dan kelopak mata.

Kondisi ini kerap dikaitkan dengan tanda-tanda kadar kolesterol Anda naik dan menjadi pertanda awal penyakit jantung. Bagi Anda yang mungkin memiliki tanda-tanda di atas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Sementara itu, untuk mencegah agar kadar kolesterol tidak meninggi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini

Demikian informasi mengenai 3 Tanda Harus Segera Cek Kolesterol Sebelum Terlambat. Semoga bermanfaat.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut