get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Mengintai Anda Dengan Keadaan Ban Mobil Yang Kurang Angin, Begini Penjelasannya

Tips dan Cara Merawat Agar Ball Joint Kendaraan Anda Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Jum'at, 29 Maret 2024 | 13:07 WIB
header img
Tips dan Cara Menjaga Agar Ball Joint Kendaraan Anda Lebih Awet (ist)

SERANG, iNewsBanten - Ball joint merupakan salah satu bagian dari kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan berkendara. Komponen ini juga berguna sebagai sumbu putaran saat mobil sedang berbelok.

Biasanya pada ball joint mobil akan terdapat pelumas yang memudahkannya untuk bergerak mengikuti arah roda depan.

Jika pelumas tersebut habis, maka ball joint akan lebih keras dan membuat kemudi mobil menjadi lebih berat.

Bunyi-bunyian yang biasanya terdengar pada roda depan mobil juga bisa menjadi tanda ball joint alami kerusakan. Untuk itu, kondisi ball joint harus diperiksa secara demi mencegah terjadi hal yang tak diinginkan.

Dikutip dari laman Suzuki.co.id, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperpanjang usia atau mencegah ball joint mobil tidak cepat rusak.

1. Hindari jalan rusak atau banjir

Penyebab utama ball joint mobil cepat rusak adalah terlalu sering melewati jalan rusak dan melewatinya dengan kecepatan tinggi. Komponen dengan kualitas tinggi juga tidak akan mampu menahan tekanan atau benturan terlalu keras akibat jalan rusak.

Sering menerjang banjir atau menerobos genangan air tinggi juga dapat membuat pelumas cepat habis. Gesekan yang ditimbulkan akibat hilangnya pelumas akan mempercepat kerusakan ball joint.

2. Mengganti karet peredam suspensi

Karet suspensi atau yang dikenal bushing juga berperan besar dalam memperpanjang usia ball joint mobil. Bushing yang sudah keras tidak akan memiliki redaman yang baik sehingga memberikan beban yang besar pada ball joint.

Kondisi ini bisa terjadi dengan mobil yang sering parkir di ruang terbuka, sehingga suhu panas bisa memengaruhi elastisitas karet suspensi. Hal ini bisa terdeteksi dengan suspensi yang terasa keras dan mobil bergetar ketika melewati jalan tidak rata.

3. Lakukan spooring

Melakukan spooring secara teratur bisa menjadi solusi mencegah ball joint mobil cepat rusak. Tetapi, harus dipastikan proses spooring dilakukan dengan benar untuk mengatur kinerja kemudi secara maksimal.

Jika salah dalam menyetel sudut kemudi atau spooring, maka ball joint akan cepat rusak. Ini menyebabkan beban yang dihasilkan akan terlalu besar menjadikan ruang gerak semakin sedikit.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut