get app
inews
Aa Read Next : Berikut 6 Larangan Ibu Hamil pada 8 Bulan, No 3 Efek Buruk Bagi Janin

Inilah Efek Mandi Setelah Begadang, Bisa Sebabkan Kematian

Sabtu, 20 April 2024 | 22:00 WIB
header img
Ilustrasi mandi setelah begadang.

Apa saja dampak habis begadang langsung mandi? Berikut ini beberapa di antaranya:

Flu

Anda akan lebih berisiko terkena penyakit flu atau masuk angin. Karena, sering kali akan membuat sistem imun menurun. Ketika tubuh langsung terkena suhu dingin dari air mandi, maka risiko flu dan masuk angin semakin meningkat.

Kekakuan Otot

Anda juga berisiko mengalami kaku otot ketika sering mandi setelah begadang. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan suhu drastis yang bisa dialami ketika mandi usai begadang. Saat ini, suhu tubuh akan tetap tinggi akibat kerja dari berbagai organ di dalamnya. Ketika Anda mandi setelah mandi menggunakan air yang cenderung dingin, akan terjadi perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba. Hal tersebut akan mengganggu aliran darah. Pada akhirnya timbul risiko otot-otot kaku. Apalagi jika Anda memiliki penyakit rematik sebelumnya, risiko tersebut akan semakin besar.

Sulit Tidur

Jika Anda berniat beristirahat setelah begadang, maka mandi sehabis begadang bisa membuat sulit tidur. Salah satu tanda dari waktu tidur adalah suhu tubuh yang menurun. Sedangkan, mandi akan membuat suhu tubuh naik setelahnya, sehingga menyebabkan sulit tidur.

Selain Mandi, Ini Tips Mengembalikan Stamina Setelah Begadang

Sebenarnya, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat tubuh tidak lelah setelah begadang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah begadang semalaman, apalagi lebih dari satu malam. Berikut tipsnya:

1 . Tidur Cukup

Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setelah mulai tidur semalaman, setidaknya 7-8 jam setiap harinya. Penting juga untuk tidur tidak terlalu malam setelah sehari sebelumnya.

2 . Jangan Ngemil

Konsumsilah makanan sehat, alih-alih ngemil. Kecenderungan orang begadang adalah makan apa saja yang relatif tidak sehat. Hindarilah kebiasaan tersebut.

3 . Atur Jadwal Harian

Usahakan menerapkan jadwal harian yang teratur. Setelah begadang, Anda bisa beraktivitas seperti biasa lalu tidur tepat waktu.

Cara tersebut dapat mencegah jam tubuh (jam biologis tubuh) berantakan.

4 . Tidur Siang

Tidur siang juga dapat membantu mengembalikan stamina setelah begadang. Durasinya 30-45 menit pada tengah hari, tapi jangan terlalu lama.

5 . Minum Kopi

Sebagai booster, tidak masalah untuk meminum kopi pada pagi hari. Akan tetapi, konsumsinya jangan berlebihan, satu cangkir sudah cukup.

6 . Hindari Multitasking

Setelah semalaman tanpa tidur, memori kerja otak akan terganggu. Dalam kondisi tersebut, Anda relatif sulit mengingat banyak hal dalam satu waktu. Jadi, hindari melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Ingin mandi setelah begadang? Tak masalah kok! Yang penting, jangan dilakukan terlalu sering dan hindari banyak begadang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut