get app
inews
Aa Read Next : Ada 6 Obat Herbal Bagi Penderita Gula Darah Tinggi

7 Buah Buahan, Selain Enak dan Segar juga Kaya manfaat Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes

Sabtu, 20 April 2024 | 00:51 WIB
header img
Buah untuk diabetes umumnya mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah. (Foto: istimewa).

SERANG, iNewsBanten - Selain Enak dan segar juga kaya manfaat untuk mencegah komplikasi diabetes 

Buah  untuk  diabetes  umumnya mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan serat dalam buah tersebut terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak akan cepat naik secara mendadak. 

Buah juga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit komplikasi diabetes. Ingin tahu apa saja buah yang bagus untuk diabetes? 

Berikut daftar buah untuk diabetes: 

1. Apel 

Termasuk buah yang bagus untuk penderita diabetes karena nutrisi yang ada dalam buah apel dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. 

Buah apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang tinggi. Buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar gula secara drastis. 

Kandungan serat yang ada dalam buah apel juga bermanfaat membuat perut menjadi kenyang lebih lama dan bisa memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah. 

Selain bisa mencegah peningkatan kadar gula, buah apel juga memiliki banyak manfaat contohnya seperti melindungi tulang, mengobati asma, menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak lagi. 

2. Pir 

Buah yang kaya akan gizi ini ternyata bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pir mengandung asam klorogenik dan asam hidroksi sinnamik yang berperan sebagai antioksidan dan mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonne penyebab gangguan sistem pencernaan. 

Pir juga mengandung vitamin C dan provitamin A sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan atau mencegah timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lain. 

Buah ini juga berkhasiat sebagai antikanker, antibakteri dan dapat menahan reaksi alergi terhadap suatu makanan lain. 

3. Plum 

Salah satu buah yang bagus untuk diet rupanya bagus pula untuk para penderita diabetes. Buah tersebut memiliki kandungan zat fito yang dikenal sebagai asam neo klorogenik dan klorogenik yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Plum juga mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari asma, barah kolon, osteoarthritis dan arthritis rheumatoid. 

Selain mengandung vitamin C, buah plum juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenik, sorbitol, isatin, kalium, florida dan zat besi. 

Buah plum juga memiliki manfaat lain contohnya seperti memperlancar peredaran darah, meningkatkan penglihatan, mencegah kanker dan tumor dan masih banyak lagi.

4. Jambu Biji 

Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu biji ini rupanya terhitung dua kali lebih banyak daripada kandungan vitamin C pada jeruk manis. 

Satu buah jambu biji yang berukuran sedang ternyata mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakaroten dibandingkan dengan satu buah jeruk. 

Selain itu, jambu biji ini memiliki kandungan kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B yang berguna bagi tubuh. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut