get app
inews
Aa Read Next : Ada 9 Buah yang Baik bagi Tubuh dengan Kadar Rendah Gula dan Kalori

7 Buah Buahan, Selain Enak dan Segar juga Kaya manfaat Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes

Sabtu, 20 April 2024 | 00:51 WIB
header img
Buah untuk diabetes umumnya mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah. (Foto: istimewa).

5. Kiwi 

Menjadi salah satu buah yang bagus untuk penderita diabetes karena buah ini mengandung vitamin C, serat, kalium dan antioksidan. 

Kiwi termasuk dalam 27 buah yang memiliki kepadatan nutrisi. Semakin tinggi kepadatan nutrisi dari suatu bahan makanan, semakin baik pula mutu bahan makanan tersebut. 

6. Aprikot 

Dalam buah aprikot terdapat kandungan fiber dan karotenoid yang tinggi. Kandungan tersebut membuat buah aprikot dapat digunakan sebagai antioksidan pencegah penyakit diabetes, sebagai pereda diare atau konstipasi, membantu detoksifikasi dan regenerasi cairan dalam tubuh. 

Mengonsumsi buah aprikot rupanya bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah agar tetap normal. 

Dalam 100 gram buah aprikot mentah, terkandung energi sebesar 201 kJ (48 kilo kalori), karbohidrat 11 gram, gula 9 gram, diet serat 2 gram, lemak 0,4 gram, protein 1,4 gram, vitamin A setara 96mg, betakaroten 1.094 mg, vitamin C 10 mg dan zat besi 0,4mg. 

7. Pepaya 

Buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini terkenal mampu melancarkan pencernaan. Namun, siapa sangka ternyata buah ini juga bagus untuk penderita diabetes. 

Pepaya memiliki kandungan yang rendah gula sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Selain memiliki kandungan serat, buah pepaya juga mengandung antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks flavonoid, asam folat, pantotenat, mineral, kalsium, dan magnesium. 

Nah, itu beberapa daftar buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk mencegah terjadinya diabetes salah satunya adalah menjalani pola makan yang sehat. Disarankan untuk para penderita diabetes agar membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki tinggi gula, kalori dan lemak. 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut