get app
inews
Aa Read Next : Lawan Vonis Hukuman Mati, Ferdy Sambo Resmi Ajukan Kasasi Kasus Pembunuhan Brigadir J

Sidang Ferdy Sambo CS di Pengadilan, Akan Diawas Oleh Tim Siluman Atau Yang Tak Kasat Mata

Senin, 17 Oktober 2022 | 08:44 WIB
header img
Ferdy Sambo (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

SERANG, iNewsBanten - Komisi Yudisial (KY) akan mengawasi ketat jalannya sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) dengan menyeret Ferdy Sambo Cs ke meja hijau.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana Ferdy Sambo pada hari ini, Senin (17/10/2022). Adapun agenda sidang perdana itu yakni pembacaan dakwaan.

Juru Bicara KY, Miko Ginting mengatakan bahwa pengawasan ini dilakukan untuk menjaga kemandirian hakim. Kata dia, KY mengerahkan tim yang terlihat maupun tak kasat mata layaknya siluman.

Dia mengatakan, ada dua jumlah tim tersebut tidak bisa disebutkan. Tim pertama bertugas dalam satu pemantauan dan pengawasan. Sementara tim kedua, pemantauan dalam per advokasi.

"Tim tersebut akan hadir di persidangan dari waktu ke waktu, itu yang pertama. Yang kedua, ada tim tim yang bertugas memonitor secara tidak tampak. Itu untuk mengumpulkan informasi, keterangan, memantau secara dekat dan melihat perilaku perilaku hakim," jelasnya beberapa waktu lalu di gedung KY.

Tak hanya itu, Miko mengungkapkan KY juga memasang kamera pengawas atau CCTV. Ini, kata Miko, merupakan salah satu strategi KY dalam memonitor kinerja Hakim dalam sidang tersebut.

"Yang ingin saya sampaikan adalah tidak hanya personil tampak KY saja yang mengawasi tapj juga ada personil yang tidak tampak ikut mengawasi jalannya persidangan atau lokasi manapun. Mata KY akan memantau perkara ini secara dekat," ungkapnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut