get app
inews
Aa Read Next : Obat Batuk dan Pilek Anak Merk Naturcold Tewaskan 6 Anak! BPOM Gerak Cepat Telusuri Produk Tersebut

Ini Kata Kemenkes Masalah Ganguan Ginjal Akut Pada Anak, Orang Tua Wajib Tau

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:51 WIB
header img
Gangguan ginjal pada anak (Foto: Ilustrasi/GoMedii/SindoNews)

SERANG, iNewsBanten - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan penjelasan mengapa penyakit gangguan ginjal pada anak disebut akut. Bahkan sampai saat ini pun penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Makna akut dalam gangguan ginjal, disampaikan sebagai penyakit yang terjadi secara mendadak. Walaupun secara umum oleh masyarakat, dipahami sebagai penyakit jangka panjang dari penggunaan obat tertentu.

"Mengapa disebut akut karena akut ini mendadak, secara progresif cepat atipikal dan nggak ketahuan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid di RSCM Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Utama RSCM dr Lies kalau penyakit yang menyerang kebanyakan anak-anak hingga usia balita ini terjadi secara mendadak. Hal yang perlu dipahami oleh orang tua, kondisi anak dengan gangguan ginjal akut yaitu hilang intensitas buang air kecil (BAK) anak.

Disampaikan juga mungkin saja, tiba-tiba anak tidak mengeluarkan sama sekali. Kemudian maksud dari penyebutan gangguan ginjal akut ini atipikal, lantaran anak kekurangan cairan dalam tubuhnya.

"Akut artinya karena mendadak penurunan yang cepat. Artinya adanya hal- hal yang naik dalam kadar darah dan urinnya turun atau sedikit bahkan sama sekali artinya nol, nah ini tipenya atipikal artinya kurang cairan," jelas dr Lies Liastuti, Sp. JP(K), MARS, FIBA, Direktur Utama RSCM dalam Press Conference di RSCM, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut