get app
inews
Aa Read Next : Ingin Tampil Elegan Pada Mobil Putih Anda, Begini Cara Merawatnya! Mudah dan Cepat

Jangan Sepelekan Saat Knalpot Mobil Anda Bocor, Ini 5 Bahaya Saat Knalpot Mobil Anda Bocor

Selasa, 28 Maret 2023 | 06:29 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Salah satu komponen mobil yang cukup penting namun jarang dirawat adalah knalpot. Lokasi knalpot yang berada di bagian belakang kendaraan membuatnya jarang diperhatikan.

Fungsi knalpot adalah untuk membuang hasil pembakaran. Komponen ini juga berpengaruh pada performa kendaraan dan meredam kebisingan. Komponen ini perlu diperhatikan kondisinya. 

Jika tidak diperhatikan, knalpot motor akan keropos dan bocor. Oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu mengetahui ciri-ciri knalpot mobil yang bocor.

1. Oli mesin masuk ke ruang bakar

Jika knalpot motor menghitam dan basah oli, maka patut dicurigai terjadi kebocoran knalpot. Hal ini dapat terjadi jika oli mesin masuk ke ruang pembakaran.

Untuk mengecek masalah ini, segera perhatikan oli mesin. Jika oli mesin berkurang dengan cepat, dapat dipastikan knalpot mengalami kebocoran.

2. Penurunan daya

Jika mobil mengalami penurunan daya, maka ada kemungkinan terjadi kebocoran knalpot. Kebocoran knalpot yang berdampak pada penurunan daya tidak bisa dibiarkan dan harus segera ditangani. Jika dibiarkan, kebocoran knalpot dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. 

3. Mesin bising

Ciri berikutnya dari knalpot bocor adalah terdengar bunyi bising. Bunyi tersebut berasal dari knalpot. Untuk memastikan bunyi tersebut berasal dari knalpot mobil, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan menyalakan mesin dan mendengarkan di bagian bawah.

Jika suara tersebut berasal dari knalpot mobil yang bocor, maka segera lakukan pembenahan atau bawa kendaraan ke bengkel agar kerusakan tidak merembet dan semakin parah.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut