get app
inews
Aa
Read Next : Cara Perawatan Punya Motor Injeksi agar Mesin Tetap Awet

Carbon Cleaner Salah Cara Membersihkan Mesin Mobil, Berikut 3 Cara Memilih Carbon Cleaner Untuk Anda

Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:10 WIB
header img
Ilustrasi penggunaan carbon cleaner (ist)

SERANG, iNewsBanten - Penurunan performa mobil tidak selalu karena kerusakan komponen mesin. Salah satu penyebab penurunan performa mesin mobil adalah karena banyak kotoran yang menumpuk dan mengendap di ruang bakar.

Penumpukan kotoran tidak selalu harus dibawa ke bengkel. Karena, masalah ini bisa diatasi dengan memberikan carbon cleaner. Fungsi utama cairan ini adalah mengangkat kotoran dari sisa pembakaran dengan mudah.

Dikutip dari laman Wuling, carbon cleaner membersihkan kerak dan kotoran yang ada di bagian piston, karburator dan throttle body. Selain membersihkan kerak yang menempel, cairan ini juga berfungsi menghilangkan kandungan air di ruang bakar. Masuknya air di ruang bakar dapat terjadi di musim hujan atau ketika banjir.

Carbon cleaner juga berfungsi untuk meningkatkan performa kendaraan. Ruang bakar yang bersih dari kerak akan membuat pembakaran dapat berjalan dengan optimal dan tarikan mesin jadi lebih ringan.

Meski memiliki banyak manfaat, ada baiknya untuk memilih carbon cleaner dengan tepat. Cara terbaik memilih carbon cleaner adalah dengan membaca kandungan yang tertera pada kemasan. Berikut cara memilih carbon cleaner yang baik:

1. Waspadai kandungan zat ini

Memilih carbon cleaner yang baik adalah dengan memastikan cairan tidak mengandung zat asam dan amonia. Zat tersebut dapat membuat mesin jadi mudah berkarat sehingga berpengaruh pada performa kendaraan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut