get app
inews
Aa Read Next : 4 Keistimewaan Sedekah, Bisa Mendamaikan Orang Berselisih

Begini Amalan Setelah Sholat Subuh yang Dahsyat untuk Membuka Pintu Rezeki, Nomor 5 Diamini Malaikat

Selasa, 18 Juli 2023 | 04:53 WIB
header img
Amalan setelah sholat subuh yang memiliki keutamaan dahsyat sebagai pembuka pintu rezeki. (Foto: Freepik)

SERANG, iNewsBanten  - Setelah Sholat subuh jangan dibasakan tidur,  ada beberapa amalan setelah sholat subuh yang memiliki keutamaan dahsyat agar mendapat kelancaran rezeki dan keberkahan hidup.

Para tabi'in mengatakan setelah subuh adalah waktu utama untuk mencari rezeki. Bumi pun berteriak bila ada orang alim tidur setelah sholat subuh.

Sahabat Umar bin Khattab radhiallahu anhu berkata : "Berhati hatilah kalian dari tidur di waktu pagi, karena bisa menyebabkan banyaknya uap yang menutupi otak, memutuskan pernikahan dan mengkeringkan tabi'at."

Selain makruh, tidur setelah sholat subuh juga tidak sehat bagi tubuh, serta membuat orang kehilangan rezeki.

Karena itu, sangat dianjurkan bagi Muslim setelah sholat subuh untuk mengerjakan amalan yang mendatangkan keberkahan dan kelancaran rezeki di antaranya dengaan banyak membaca dzikir, membaca Al Quran, berdoa dan sholat dhuha.

Amalan Setelah Sholat Subuh

1. Membaca Dzikir

Amalan setelah sholat subuh pertama yakni banyak membaca dzikir pagi hari.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu memanjatkan dzikir di pagi dan petang hari sebanyak tiga kali. Dzikir tersebut diamini 70.000 malaikat yang memohonkan ampun kepada Allah SWT.

Berikut dzikir petang dan pagi hari yang diajarkan Rasulullah SAW:

 أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

'Auzdubillahis samii'il 'aliimi minasy syaithoonir rojiimi

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk". Dzikir dan doa tersebut dibaca tiga kali.

2. Membaca 3 Ayat Terakhir Surat Al Hasyr

Amalan setelah sholat subuh berikutnya yakni membaca 3 ayat terakhir Surat Al Hasyr.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Turmuzi disebutkan bahwa membaca tiga ayat dari akhir surat Al-Hasyr, maka Allah memerintahkan kepada tujuh puluh ribu malaikat untuk memohonkan ampunan baginya hingga petang hari. Dan jika ia mati di hari itu, maka ia mati sebagai syahid. Dan barang siapa yang mengucapkannya di kala petang hari, maka ia beroleh kedudukan yang seperti itu.

3. Surat Al Waqiah

Amalan setelah sholat subuh selanjutnya yakni membaca Surat Al Waqiah. Dalam hadits disebutkan waktu yang tepat membaca Surat Al Waqiah adalah pada malam hari dan saat sholat subuh.

Manfaat orang yang rutin membaca Surat Al Waqiah kelak akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Para ulama menyatakan manfaat membaca surat Al Waqiah padam tiap malam dan setelah sholat subuh akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

4. Doa Sayyidul Istighfar

Amalan setelah sholat subuh lainnya yakni membaca doa sayyidul istighfar.

Doa Sayyidul Istighfar dianjurkan rutin dibaca Muslim jelang pagi. Keutamaan membaca doa tersebut yakni jika meninggal dunia akan masuk surga seperti disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

Berikut bacaan doa sayyidul istighfar:

 اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلِيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Latin: Allahumma anta rabbii laa ilaha Illa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika, wawa'dika mas tatho'tu, a'dzubika min syarri maa shona'tu, abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abu u bidzanbi faghfirli fainnahu laa yaghfiru dzunuuba Illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau".

5. Sedekah Subuh

Amalan setelah sholat subuh lainnya yakni melakukan sedekah subuh. Waktu sedekah paling tepat dan utama yang diajarkan Rasulullah SAW adalah di waktu subuh karena didoakan dua malaikat untuk diberi gantinya sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Latin: 'An Abii Hurairata radhiyallahu 'anhu annan nabiyya shollallahu 'alaihi wasallama qoola. Maa min yaumin yushbihul 'ibaadu fiihi illaa malakaani yangzilaani fayaquulu ahaduhumaa allahumma a'thi munfiqan kholaqo wayaquulul aaakhoru allahumma a'thi mumsikan talaffaa

Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) ". (HR. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih.

6. Sholat Dhuha

Amalan setelah sholat subuh lainnya yakni melaksanakan sholat dhuha. Ada banyak keutamaan melaksanakan sholat dhuha di antaranya dimudahkan rezeki, sedekah persendian, diampuni dosa, diangkat derajatnya dan pelengkap sholat wajib.

Sholat Dhuha ini dikenal dengan shalat pembuka rezeki. Dalam hadits Nabi SAW disebutkan:

Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu dhuha), maka Aku akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi).

Itulah amalan setelah sholat subuh yang penting dikerjakan agar mendapat keberkahan hidup dan kelancaran rezeki.

Wallahu A'lam

Sumber:

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/amalan-setelah-sholat-subuh

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut