get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Tips Agar WhatsApp Anda Tetap Aman! Hindari Orang yang Tak Penting Buka Handphone Anda

Atasi Kutu di Rambut Membandel, Berikut 5 Cara Untuk Mengatasinya

Rabu, 13 Maret 2024 | 05:16 WIB
header img
Cara membasmi kutu rambut bisa menggunakan bahan alami. Apa saja? (Foto: Ilustrasi)

SERANG, iNewsBanten- Ada sejumlah  cara membasmi kutu rambut yang mudah dan efektif. Cara-cara ini bisa Anda gunakan bila Anda sedang memiliki masalah dengan kutu rambut yang mengganggu dan bikin tak percaya diri.

Sebagaimana kita tahu, kutu rambut merupakan salah satu masalah yang paling menakutkan. Sebab, selain mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menyebabkan rasa geli, gatal, dan luka kemerahan di kulit kepala, infeksi kutu rambut juga mudah sekali menular. 

Kutu rambut merupakan serangga parasit yang hidup di kulit kepala. Kutu rambut dapat berkembang biak dan menghasilkan telur-telur yang biasanya akan dibiarkan menempel pada batang rambut hingga menetas.

Bagi Anda yang mengalami infeksi kutu rambut, berikut cara sejumlah membasmi kutu rambut yang membandel, seperti dikutip pada Selasa (29/11/2022).

1. Minyak jelantah

Cara membasmi kutu rambut di urutan pertama, adalah menggunakan minyak jelantah. Siapa sangka, minyak jelantah alias minyak goreng yang sudah digunakan beberapa kali ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. 

Penggunaan berulang membuat minyak jelantah terlihat gelap dan sangat lengket. Aroma minyak jelantah juga bercampur-campur dan terkadang agak tengik atau gurih, tergantung dari penggunaan minyak tersebut. 

Cara membasmi kutu rambut menggunakan minyak jelantah yakni dengan membaluri rambut dan kulit kepala dengan minyak dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, sisir rambut Anda. Biasanya, kutu rambut akan mati begitu terkena minyak jelantah ini, sehingga lebih mudah disingkirkan.

2. Minyak kelapa 

Cara membasmi kutu rambut berikutnya, bisa menggunakan minyak kelapa. Sebab, minyak satu ini terbukti efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan aromanya juga lebih bersahabat. 

Cara penggunaannya yakni dengan membaluri kulit kepala dan helai-helai rambut dengan minyak kelapa. Namun, karena tekstur minyak kelapa tidak selengket minyak jelantah, terkadang kutu rambut masih bisa lolos ketika dibaluri dengan minyak kelapa ini.

3. Cuka dan garam

Bahan sederhana lain yang bisa menjadi cara membasmi kutu rambut adalah menggunakan cuka dan garam. Garam bisa membuat kutu rambut mengalami dehidrasi, sedangkan cuka bisa menghilangkan efek perekat yang dimiliki kutu rambut.

Anda bisa menggunakan kombinasi kedua bahan ini ke dalam botol plastik lalu dikocok supaya tercampur merata. Lalu, semprotkan campuran kedua bahan ini ke kulit kepala, sisi-sisinya, dan helai-helai rambut secara merata. Lalu tunggu selama 5-7 menit, dan rambut bisa disisir atau dicuci bersih.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut