get app
inews
Aa Read Next : Ternyata 6 Kesalahan Saat Keramas Bisa Sebabkan Kerontokan Pada Rambut Anda!

Rambut Mulai Rontok, Yuk Cegah dengan Cara ini Sebelum Kebotakan yang Anda Alami Bertambah Parah

Rabu, 17 April 2024 | 04:58 WIB
header img
Kebotakan pria yang perlu diperhatikan (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Bikin ngak percaya diri dengan rambut botak bagian belakang ataupun depan, hal ini mungkin faktor bertambahnya usia kita ataupun gen dalam tubuh kita, rambut di kepala pun juga akan mengalami kerontokan. Kerontokan rambut pun memang adalah hal wajar, pasalnya seseorang akan mengalami kehilangan rambut sekira 50 hingga 100 helai per hari.

Tapi, jika lebih dari itu bukan tidak mungkin rambut rontok bisa sebabkan kondisi kebotakan. Nah, untuk mengatasinya memang ada beberapa cara, salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin.

Lantas, apa saja vitamin untuk rambut rontok? Yuk, cari tahu jawabannya lewat artikel berikut ini seperti dilansir dari KlikDokter.

Vitamin B Kompleks

Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks, yang terdiri dari Vitamin B1 atau thiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niacin, B5 atau asam pantotenat, B6 atau piridoksin, B7 atau biotin, B9 atau folat, serta B12 atau kobalamin.

“Vitamin B kompleks berperan dalam membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut. Hal tersebut dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat,” jelas dr. Gia Pratama.

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Skin Appendage Disorder membuktikan bahwa suplemen yang mengandung biotin telah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada seseorang yang mengalami kekurangan asupan vitamin B7. Untuk mencukupi asupan vitamin B kompleks, kamu bisa mendapatkannya dari makanan laut seperti ikan, gandum utuh, dan sayuran hijau.

Vitamin C

Vitamin C juga bisa digunakan sebagai vitamin untuk menebalkan rambut. Antioksidan kuat yang terkandung di dalam vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen, sehingga dapat membangun keratin pada rambut.

Menurut Dokter Gia, vitamin ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat. Jika ingin mendapatkan vitamin C secara alami, coba makan buah stroberi, paprika, atau buah jeruk.

Vitamin A

Selain berperan penting dalam kesehatan mata, vitamin A juga mendukung pertumbuhan sel rambut, lho. Dikutip dari Cleveland Clinic, vitamin A dapat membantu rambut untuk tumbuh dan meningkatkan produksi sebum, sehingga kulit kepala menjadi lembap, sehat, dan kuat.

Untungnya, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin A secara alami, yakni dengan mengonsumsi susu, telur, yoghurt, wortel, bayam, labu, hingga kangkung. Akan tetapi, tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin A secara berlebihan, soalnya bisa menimbulkan kerontokan rambut.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D akan mengakibatkan rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Jenis vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencukupi asupan vitamin D dengan mengonsumsi beberapa makanan, mulai dari kuning telur, oatmeal, hingga susu kedelai. Tidak ketinggalan, bisa juga makan ikan salmon untuk penuhi asupan vitamin D dalam tubuh.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut